Hidayatullah, Rifki (2023) Evaluasi Aset TI dalam Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 2019 pada PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (257kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (583kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (227kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
Abstract
Dalam pemanfaatan teknologi informasi saat ini khususnya untuk mendukung bisnis pada sektor swasta, hal ini bertujuan untuk mendapatkan value dari investasi yang dilakukan terkait teknologi informasi. PT. XYZ sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri IT Services yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai core utama bisnisnya tidak liput dari permasalahan dalam setiap proyek pengembangan suatu sistem, khususnya pada proyek pengembangan Loyalty Management System. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kapabilitas tata kelola TI pada PT. XYZ melalui evaluasi tingkat kapabilitas tata kelola TI dengan menggunakan framework COBIT 2019. Acuan untuk mengevaluasi tingkat kapabilitas tata kelola TI yaitu menggunakan panduan dari framework COBIT 2019 yang dikembangkan oleh ISACA selain untuk melakukan evaluasi, juga akan menganalisis kesenjangan tingkat kapabilitas perusahaan dengan tingkat target kapabilitas menggunakan gap analysis. Pengumpulan data menggunakan metode FGD dan juga studi pustaka untuk penelitian yang sejenis. Evaluasi tingkat kapabilitas akan dilakukan pada objektif proses yang terpilih dari hasil Design Factor yaitu BAI03 Managed Solutions Identification and Build, BAI06 Managed IT Changes, dan BAI11 -- Managed Projects. Hasil evaluasi tingkat kapabilitas tata kelola TI pada PT. XYZ untuk objektif proses BAI03 mencapai level 4, BAI06 mencapai level 4 dan BAI11 mencapai level 4. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat gap pada ketiga objektif proses yang dilakukan evaluasi. Terdapat temuan yang harus diperbaiki untuk mencapai level kapabilitas 4 dengan rating Fully Achieved, khususnya pada objektif proses BAI06 dan BAI11 yang berhasil mencapai level 4 tapi hanya mencapai rating Largely Achieved. Untuk memperbaiki temuan ini rekomendasi yang diberikan pada PT. XYZ didasarkan pada poin poin temuan untuk melakukan evaluasi Proyek yang ada, serta untuk membuat lingkungan khusus pengujian yaitu environment staging agar proses pengujian yang dilakukan, sesuai dengan standar yang ada.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | COBIT 2019, Gap, Loyalty Management System, Tata Kelola TI, Tingkat Kapabilitas |
Subjects: | ?? T70 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:38 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32421 |
Actions (login required)
View Item |