Analisis Adaptasi Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa yang Menempuh Pendidikan di Jepang

Michael, Michael (2023) Analisis Adaptasi Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa yang Menempuh Pendidikan di Jepang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (388kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (491kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (413kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (285kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa Indonesia yang telah belajar diluar negeri cukup banyak, dengan negara Jepang menjadi salah satu negara tujuan teratas bagi banyak mahasiswa. Namun, Jepang memegang sejarah budaya yang cukup bervariasi dan tingkat bahasa yang cukup rumit dan berbeda dari Indonesia. Oleh karena itu, terdapat kebutuhan untuk beradaptasi secara antarbudaya dan mempelajari jenis-jenis kompetensi yang diperlukan untuk dapat menjadi komunikator antarbudaya yang kompeten di Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi komunikasi antarbudaya bagi mahasiswa asal Indonesia ketika mereka tinggal di Jepang. Secara konsep, penelitian ini menggunakan dua konsep utama, yaitu konsep adaptasi antarbudaya model kurva-U Martin & Nakayama, serta konsep kompetensi antarbudaya Samovar. Metode dari penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dengan partisipan yang berupa mahasiswa asal Indonesia yang tinggal di Jepang. Data yang didapatkan kemudian akan dianalisis berdasarkan teknik analisis menurut Robert K. Yin. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua partisipan mengalami suatu bentuk adaptasi yang pada akhirnya mencapai tahap adjustment, dengan masalah dan isu tersendiri dalam beradaptasi terhadap kehidupan di Jepang seperti bahasa, ketepatan waktu, dan juga perbincangan. Secara kompetensi, semua partisipan juga menyetujui bahwa aspek kompetensi yang disertakan pada konsep kompetensi antarbudaya juga penting terhadap menjadi komunikator antarbudaya yang handal. Kesimpulan yang di dapatkan adalah mahasiswa yang menempuh pendidikan di Jepang mendalami proses adaptasi di mana pada akhirnya akan terdapat adjustment terhadap budaya Jepang, walau semua tahap konsep adaptasi antarbudaya tidak dilewati secara penuh. Kompetensi juga memegang kepentingan dalam menjadi komunikator antarbudaya yang handal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Adaptasi , Antarbudaya, Jepang, Kompetensi, Komunikasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:47
Last Modified: 06 Nov 2024 03:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32456

Actions (login required)

View Item View Item