Haekal At Thariq Hossein, Muhammad (2024) Strategi Pesan Komunikasi Pemasaran Sosial di Media Sosial Instagram @Ecollabo8. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (529kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (529kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (655kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (308kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (207kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan terdapatnya beberapa sociopreneur yang masih kurang engagement di media sosial. Ecollabo8 adalah sebuah sociopreneur makro yang memiliki nilai engagement yang tinggi di media sosial. Ecollabo8 bergerak di bidang recyle dan upcyle sampah, utamanya adalah sampah plastik. Ecollabo8 sendiri sudah berdiri sejak tahun 2019 dan berlokasi di Bali, Indonesia. Sebagai sociopreneur, Ecollabo8 terlihat menggunakan pemasaran sosial dalam media sosialnya, seperti konten-konten Ecollabo8 yang memperlihatkan kegiatan-kegiatan sosial mereka di media sosialnya, dan juga mendaur ulang sampah-sampah plastik menjadi barang yang berfungsi dan memiliki nilai. Penelitian ini menggunakkan teori Pemasaran sosial, message strategy, dan social media. Dalam proses pengambilan data, peneliti menggunakan metode analisis isi kualitatif, ialah dengan cara mengamati unggahan yang ada pada sosial media instagram Ecollabo8 lalu menganalisis isi konten unggahan berupa text ataupun audio text beserta caption yang ada pada unggahan tersebut, dengan total 336 data yang terdiri dari 336 caption, 106 video teks + caption, dan 59 foto teks + caption, dan dibantu menggunakan software Microsoft Excel, Nvivo dan MaxQDA untuk proses pengumpulan data. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi pesan pemasaran sosial Ecollabo8 dalam media sosialnya. Hasil penelitian menunjukkan pesan yang dilakukan oleh Ecollabo8 lebih mengarah ke tema cognitive (47,62%) dibandingkan affective (40,32%) dan connative (12,09%). Ditemukan juga pemasaran sosial Ecollabo8 yaitu memiliki tujuan pesan untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap sampah plastik, dan juga memiliki tujuan pesan untuk mengubah perilaku masyarakat untuk mencoba memakai produk daur ulang sampah plastik, dan juga lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak melakukan pencemaran sampah dan mulai untuk daur ulang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Media sosial, Pemasaran Sosial, Strategi Pesan, Sociopreneur |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:49 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:49 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32464 |
Actions (login required)
View Item |