Rolos Wawointana, Gilbert (2024) Dampak Pendidikan Entrepreneurship, Entrepreneurial Mindset, Kreativitas dan Self-Efficacy pada Entrepreneurial Intention di Kota Manado. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (671kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (480kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (401kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (512kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (198kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Peran kewirausahaan di Indonesia memiliki signifikansi yang besar karena dapat menghasilkan lapangan kerja, mendorong inovasi dan kemandirian masyarakat, meningkatkan pendapatan pajak negara, serta menjadi indikator keunggulan dan daya saing negara (Kunjana, 2019). Namun, tingkat kewirausahaan di Indonesia yang tercatat hanya berada di angka 3,47% dari total penduduk Indonesia. Sulawesi Utara menjadi salah satu provinsi dengan penyerapan tenaga kerja masih belum maksimal, khususnya di Kota Manado yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor informal. Jumlah usaha di Kota Manado yaitu 2.253 usaha dan terbilang masih jauh jika dibandingkan dengan Kota Makassar yang memiliki 5.267 usaha. Ada beberapa penyebab yang membuat beberapa orang di sekitar termasuk generasi muda menjadi tidak tertarik atau enggan menjadi wirausaha, salah satunya yaitu rendahnya self-efficacy. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi intensi untuk berbisnis di Kota Manado dengan judul "Dampak Pendidikan Entrepreneurship, Entrepreneurial Mindset, Kreativitas, dan Self-Efficacy pada Entrepreneurial Intention di Kota Manado". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner secara online kepada 95 responden. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan Entrepreneurial Education memiliki pengaruh positif terhadap Entrepreneurial Mindset. Entrepreneurial Education tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Intention. Entrepreneurial Mindset berpengaruh positif terhadap Entrepreneurial Intention. Kreativitas berpengaruh positif terhadap Entrepreneurial Intention. Self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap Entrepreneurial Intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan entrepreneurship, entrepreneurial mindset, self- efficacy, entrepreneurial intention |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:51 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32469 |
Actions (login required)
View Item |