Peran Social Media Creative di Tirto.id

Azahra Ramadhani, Rachma (2024) Peran Social Media Creative di Tirto.id. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (503kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (497kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (913kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Tirto.id menjadi salah satu media online dengan pedoman jurnalisme presisi yang memperluas cakupannya melalui media sosial. Sebagai tambahan, Tirto.id menjadi media online pertama yang telah terverifikasi International Fact-Checking Network (IFCN) sejak 2018. Hal ini membuktikan bahwa Tirto.id tekun dalam menyajikan data yang kredibel dan akurat. Penulis menjatuhkan pilihan pada media Tirto.id sebagai wadah untuk mencari pengalaman sekaligus pembelajaran melalui program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Adapun alasan memilih Tirto.id karena media ini melaksanakan disiplin verifikasi yang selaras dengan ideal dari pedoman jurnalistik. Dalam program magang ini, penulis mendapatkan posisi sebagai social media creative yang bertugas untuk mengemas kembali artikel berita di situs Tirto.id menjadi konten yang menarik untuk dipublikasikan di media sosial seperti Instagram dan Twitter. Selama proses magang, penulis menghadapi kendala seperti penyesuaian diri karena bekerja di bidang media sosial dan mengalami keterlambatan persetujuan konten. Walaupun demikian, penulis dapat menyelesaikannya dengan latihan dan menganalisis isi konten di media sosial Tirto.id.

Item Type: Technical Report (MBKM Report)
Creators: Azahra Ramadhani, Rachma (00000060105)
Contributors: Nasrullah, Nasrullah (0327077007)
Keywords: Jurnalisme media sosial, Tirto.id, content writer, media sosial, feature.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
Sustainable Development Goals: Goal 16. Promote peaceful and inclusive societies for sustainable development, provide access to justice for all and build effective, accountable and inclusive institutions at all levels
Goal 04. Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning
Goal 09. Build resilient infrastructure, promote inclusive and sustainable industrialization and foster innovation
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32545

Actions (login required)

View Item View Item