Pemanfaatan Big Data untuk Pengembangan Strategi Pemasaran pada Program Membership Kawan Lama Group

Tanaka, Valenzia (2024) Pemanfaatan Big Data untuk Pengembangan Strategi Pemasaran pada Program Membership Kawan Lama Group. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (873kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (355kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (335kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Transformasi digital Kawan Lama Group tercermin dalam pemanfaatan Big Data untuk mendukung strategi bisnis perusahaan. Salah satu wujud dari transformasi ini adalah integrasi program membership dari berbagai unit bisnis menjadi satu. Namun, divisi Customer Relationship Management ­ Loyalty menghadapi tantangan dalam mengelola data pelanggan secara efektif. Hal ini berdampak pada analisis data yang kurang mendalam sehingga membatasi kemampuan perusahaan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran program membership berbasis data. Sebagai bagian dari solusi, keterlibatan mahasiswa magang sebagai Master Data Administration Officer (Intern) memberikan kontribusi dalam pengelolaan dan analisis data. Selama masa magang Track 2, mahasiswa menangani sekitar 20 permintaan data untuk unit bisnis Pet Kingdom, 60 permintaan untuk program Ruparupa Rewards, dan 10 permintaan untuk F&B ID. Selain itu, mahasiswa telah menyusun 3 laporan kampanye, 3 Pet Kingdom monthly membership report, 1 Pet Kingdom half year membership report, serta terlibat dalam 2 dukungan proyek. Pengalaman ini memberikan keterampilan praktis dalam pengelolaan data, kolaborasi tim, serta soft skills seperti komunikasi dan pemecahan masalah. Keterlibatan mahasiswa dalam pengelolaan Big Data berkontribusi pada peningkatan efisiensi analisis serta memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai perilaku pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dalam merumuskan strategi pemasaran, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Analisis Data, Big Data, Manajemen Hubungan Pelanggan
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Nov 2024 07:01
Last Modified: 07 Nov 2024 07:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32678

Actions (login required)

View Item View Item