Perancangan Layout pada Visual Storytelling Book tentang Pengenalan Diri dan Anggota Keluarga untuk Anak Disabilitas Intelektual

Angelina Rainie, Valerie (2024) Perancangan Layout pada Visual Storytelling Book tentang Pengenalan Diri dan Anggota Keluarga untuk Anak Disabilitas Intelektual. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (823kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (753kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (376kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Peserta didik penyandang disabilitas intelektual di Sekolah Luar Biasa (SLB) mengalami kesulitan dalam membangun self awareness, dasar-dasar etika berelasi sosial, mengenali peran anggota keluarganya, hingga memperkenalkan dirinya sendiri. Dengan media pembelajaran yang sudah ada dan digunakan oleh para guru SLB dalam mengajar, tidak membantu peserta didik untuk terlatih kemampuan kognitifnya dalam mengembangkan kemampuan mereka untuk dapat beraktivitas di lingkungan sosial dengan mandiri. Hal ini membuktikan bahwa media yang dipakai masih kurang efektif. Melihat fenomena tersebut, maka diperlukannya media edukatif interaktif berupa storytelling book yang dapat menstimulasi ketertarikan peserta didik untuk berpatisipasi dalam pembelajaran. Perancangan media ini diinisiasi oleh tim PSIT, dimana penulis menjadi anggota yang berperan sebagai analisator dalam aspek layout media. Peneliti akan merancang konsep tata letak setiap unsur dalam storytelling book, sehingga komposisi atau layout dapat mempermudah peserta didik memahami isi buku. Pengumpulan data menggunakan metode kualitatif yang meliputi, observasi lapangan, wawancara, studi literatur, dan studi eksisting. Penelitian menggunakan metode design thinking yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Penelitian ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan anak-anak disabilitas intelektual Indonesia, khususnya peserta didik SLB Jakarta Selatan dengan memberikan solusi terintegrasi untuk membangun ilmu, perilaku, dan dasar dalam berelasi sosial, serta meningkatkan pemahaman tentang peran dari anggota keluargnya.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: disabilitas intelektual, layout, relasi sosial, storytelling book, keluarga
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Nov 2024 09:08
Last Modified: 07 Nov 2024 09:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33008

Actions (login required)

View Item View Item