Perancangan Strategi Awareness Aplikasi Younite untuk Membangun Relasi Penggemar K-Pop Usia 15-25 Tahun di Jabodetabek

Dwi Augustine, Janice (2024) Perancangan Strategi Awareness Aplikasi Younite untuk Membangun Relasi Penggemar K-Pop Usia 15-25 Tahun di Jabodetabek. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (351kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (32MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Sejak tahun 2020, dengan bantuan media sosial, perkembangan industri K-Pop telah berkembang dengan pesat dan menarik minat banyak penggemar, terutama remaja dan dewasa di Indonesia. Antusiasme akan K-Pop di Indonesia pun mendorong beberapa penggemar K-Pop untuk membuka bisnis dengan memanfaatkan popularitas K-Pop dan tren Korean Wave, seperti menjual fanmerch dan official merchandise. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa antusiasme yang besar terhadap bisnis K-Pop ini tidak diseimbangi dengan ketersediaan platform digital yang dapat memenuhi kebutuhan berinteraksi antar penggemar K-Pop. Melihat hambatan ini penulis dan kelompok memberikan solusi perancangan aplikasi Younite yang memiliki fitur all-in-one, seperti online shop, chatroom, find concert buddy, dan membership. Penulis dan kelompok memiliki harapan bahwa dengan adanya aplikasi Younite ini dapat memberikan kemudahan berinteraksi dengan sesama penggemar, baik dalam berbagi informasi dan kebutuhan/ penjualan fanmerch dalam satu aplikasi. Selama keberlangsungan perancangan aplikasi dan MBKM Kewirausahaan bersama kelompok, penulis merasakan hambatan dalam pembagian pengerjaan tugas dan mengingat tanggal deadline. Untuk itu, penulis dan kelompok sepakat untuk membagi role pengerjaan tugas sehingga masing-masing anggota mendapatkan tugas yang sebanding dan dapat saling membantu jika terdapat kendala. Kemudian, kelompok juga membuat skala prioritas pengerjaan tugas yang ingin dicapai setiap harinya dengan membuat tabel waktu pengerjaan MBKM. Melalui MBKM Kewirausahaan ini, penulis mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman di luar lingkup Desain Komunikasi Visual, seperti kemampuan berwirausaha, bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, dan bersikap profesional dalam menghadapi dunia kerja.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: K-Pop, Komunitas K-Pop, Platform Digital, Aplikasi Mobile
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Nov 2024 09:09
Last Modified: 07 Nov 2024 09:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33010

Actions (login required)

View Item View Item