Perancangan Aset Website dan Media Promosi LoomLooma

Roberts Halim, Angellica (2024) Perancangan Aset Website dan Media Promosi LoomLooma. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (45MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (282kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (655kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Dengan perkembangan era modernisasi, hadir teknologi seperti media sosial yang mendorong perkembangan budaya konsumerisme. Dengan perkembangan budaya konsumerisme, industri fashion dan industri e- commerce juga ikut berkembang. Perkembangan industri fashion, menghadirkan fenomena Fast Fashion. Fenomena ini sangat berdampak terhadap lingkungan, dengan 85% dari 200 miliar pakaian yang diproduksi setiap tahun dibuang begitu saja. Salah satu upaya untuk melawan fast fashion adalah dengan mendaur ulang pakaian menjadi kain daur ulang. Tetapi berdasarkan riset yang dilakukan, tidak banyak masyarakat yang tahu mengenai kain daur ulang, sehingga dibutuhkan sebuah jembatan berupa platform e-commerce yang dapat mengenalkan dan mendorong pemilik bisnis pakaian untuk menggunakan kain sustainable. Platform dipilih karena perkembangan industri e-commerce meningkat hingga 196,47 juta pengguna pada tahun 2023, dan tentu dalam perancangan platform dibutuhkan aset yang bertujuan untuk memperkuat identitas dan impresi suatu brand kepada target sasaran. Aset merupakan suatu sumber daya yang dimiliki desainer yang dibuat untuk suatu perancangan media, perancangan aset untuk LoomLooma meliputi icon, ilustrasi, filter Instagram, dan merchandise. Dalam Pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif yaitu wawancara, FGD (Focus Group Discussion), dan studi pustaka. Berdasarkan data yang didapatkan, sustainable fashion dapat melawan fast fashion, namun kurangnya kesadaran dan pemahaman mengenai isu fast fashion menjadi hambatan untuk mulai menerapkan prinsip sustainability pada bisnis mereka. Metode perancangan yang digunakan adalah metode design thinking oleh Robin Landa pada bukunya yang berjudul "Graphic Design Solution".

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Teknologi, MBKM, Kewirausahaan, fast fashion, sustainability, e-commerce, aset
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 13:01
Last Modified: 08 Nov 2024 13:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33064

Actions (login required)

View Item View Item