Yawabadi, Michael (2024) Peran Customer Engagement Strategist di PT Omni Digitama Internusa (ruparupa). MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (362kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (126kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (244kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Konsumsi rumah tangga dengan sektor retail sebagai penggerak utama, merupakan komponen utama pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan kontribusi sebesar 53,18% di tahun 2023. ruparupa sebagai bentuk e- commerce dengan sistem omni channel menghadirkan pengalaman berbelanja retail terintegrasi secara online dan offline untuk berbagai produk milik Kawan Lama Group. Peluang ini mendasari penulis untuk melaksanakan praktik kerja magang sebagai Customer Engagement Strategist guna membantu memperkuat posisi ruparupa di benak pelanggan, khususnya pada generasi Z dan milenial. Penulis menggunakan konsep direct marketing, sebagaimana penulis berusaha menjalin hubungan langsung dengan pelanggan melalui push notifications sebagai channel komunikasi utama penulis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penulis juga menggunakan konsep Design Graphic Communication melalui pembuatan copywriting serta mock-up desain. Adapun kendala yang dialami penulis, yaitu terkait dengan pembuatan copywriting serta kurangnya proses brainstorming dengan supervisor. Secara keseluruhan, penulis mengalami perkembangan dari segi skills, yang meliputi kemampuan berpikir kritis dan kreatif, implementasi direct marketing, pembuatan copywriting, kemampuan berkomunikasi profesional, kerjasama tim, serta manajemen waktu. Terakhir, penulis dapat mempraktikkan keahlian di bidang manajemen pemasaran, dengan turut berkontribusi dalam menjalin hubungan positif dengan pelanggan melalui pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Item Type: | Technical Report (MBKM Report) |
---|---|
Creators: | Yawabadi, Michael (00000053700) |
Contributors: | Rizkalla, Nosica (0320089001) |
Keywords: | Industri Retail, E-commerce, Direct Marketing, Design Graphic Communication, Copywriting. 8 Peran Customer Engagement Strategist..., Michael Yawabadi, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 14:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |