Wijaya Ardi, Hero (2024) Peran Merchant and Partnership Intern dalam Upaya Optimalisasi Merchant di Titipku. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (50kB) |
Abstract
Sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19, pasar e-grocery sebagai salah satu segmen di industri e-commerce tengah mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia dengan proyeksi nilai pasar sebesar $13.4 miliar di 2024. Titipku sebagai perusahaan teknologi hadir untuk menyediakan platform digital yang memberdayakan ekosistem pasar tradisional dalam beradaptasi di tengah tren pertumbuhan pasar e-grocery di Indonesia. Hal ini mendasari penulis untuk melaksanakan kegiatan program kerja magang sebagai Merchant & Partnership Intern di PT Terang Bagi Bangsa (Titipku). Penulis mengadopsi konsep relationship marketing sebagaimana penulis berupaya meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan melalui upaya optimalisasi kinerja mitra berupa merchant yang merupakan pedagang pasar tradisional. Penulis memiliki tanggung jawab seperti menentukan panduan stock keeping unit produk merchant, mengelola strategi komunikasi melalui merchant notification dan merchant announcement, mengoperasikan promo yang melibatkan produk merchant, hingga menganalisis efektivitas kinerja merchant dalam aspek pemasaran Titipku. Dalam pelaksanaanya, keterbatasan mengakses data secara fleksibel menjadi tantangan yang memicu penulis untuk bersikap proaktif dan kreatif dalam menganalisis wawasan penting yang dapat digunakan untuk mengoptimalisasi kinerja merchant. Secara keseluruhan, program kerja magang memungkinkan penulis untuk melatih kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi secara efektif, serta memiliki kesempatan menghadirkan dampak positif dari adanya digitalisasi pada ekosistem pasar tradisional melalui keahlian di bidang manajemen pemasaran.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | E-grocery, Kinerja Merchant, Relationship Marketing, Analisis Data |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 14:05 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 14:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33183 |
Actions (login required)
View Item |