Steven Yawan, Joshua (2024) Penyelenggaraan Special Event "Niskala Camp 2024" dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Minat Kewirausahaan Pemuda Desa di Lebak Selatan. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (587kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (260kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (541kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (190kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (113kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Upaya untuk memulihkan kembali suatu wilayah di masa pasca-bencana merupakan hal yang sangat sulit dilakukan karena dipengaruhi beberapa faktor seperti sosial, politik, dan ekonomi daerah yang terdampak bencana (Puri dkk., 2024). Pemulihan ekonomi menjadi tantangan tersendiri bagi wilayah yang terdampak langsung bencana alam (Tariq dkk., 2021). Berdasarkan permasalahan tersebut, Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) mendesain sebuah special event untuk mempersiapkan generasi muda yang siap membangun kembali desa dari sisi ekonomi. Special Event Niskala Camp 2024 dirancang dan diselenggarakan untuk meningkatkan minat serta pengetahuan kewirausahaan pemuda desa di wilayah Lebak Selatan. Special event merupakan sebuah fenomena yang muncul dari kesempatan tertentu dengan maksud dan tujuan tertentu (Shone & Parry, 2019). Niskala Camp diselenggarakan menggunakan metode event management yang meliputi getting started, planning, preparing, implementing, dan divestment/legacy (Shone & Parry, 2019). Event dilaksanakan dalam bentuk pelatihan atau workshop selama 3 hari 2 malam dengan membawakan materi kunci berjudul "Entrepreneurship Workshop" di mana para peserta menyusun sebuah proyek berupa ide usaha dan mempresentasikannya. Metode project-based learning merupakan metode belajar yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui proses investigasi terhadap pertanyaan terbuka untuk "membuat makna" yang mereka sampaikan secara bermakna (Krauss & Boss, 2013). Setelah event selesai, dilakukan evaluasi menggunakan metode pre-test dan post-test (Banuwa & Susanti, 2021) untuk mengukur pengetahuan serta minat kewirausahaan peserta yang menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan serta minat kewirausahaan peserta Niskala Camp 2024.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | special event, event management, project-based learning |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 15:11 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 15:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33363 |
Actions (login required)
View Item |