Zanetha Halim, Irene (2024) Peran Social Media Specialist dalam Aktivitas Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial Elsheskin. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (533kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (162kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (237kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Praktik kerja magang dilakukan sebagai social media intern yang ada di bawah departemen Marketing pada Elsheskin, sebuah brand skincare dan kecantikan di bawah naungan PT Elshe Estetika Nusantara. Latar Belakang pemilihan tempat magang adalah semakin bertumbuhnya tren dan skincare di tengah kehidupan konsumen saat ini. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan konsep marketing communication khususnya dalam hal media sosial selaku salah satu alat marketing communication pada perusahaan tempat kerja magang. Deskripsi pekerjaan social media intern adalah melakukan riset, penyusunan objektif, strategi, hingga taktik dan diturunkan dalam sebuah content plan, kemudian membangun customer relations, hingga memantau hasil kinerja media sosial tersebut dalam social media report. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah framework SOSTAC yang terdiri atas tahapan situation analysis, objective, strategy, tactic, action, dan control. Konsep pendukung lainnya adalah marketing communication mix menurut Kotler & Keller (2016), konsep tentang social media content planning menurut Georgieva & Djoukanova (2014), konsep tentang customer relations menurut Gustam (2015), dan konsep tentang social media reporting menurut Silva, S. C., Duarte, P. A. O., & Almeida, S. R. (2020). Kendala utama dalam proses kerja magang adalah perusahaan yang kurang terbuka atas saran yang diberikan tim sehingga strategi dan aktivitas marketing communication yang diimplementasikan kurang berinovasi dan beragam. Setelah dilakukan aktivitas magang selama 640 jam kerja, didapatkan kesimpulan bahwa keseluruhan divisi di bawah departemen marketing memiliki peranan penting masing-masing yang saling bekerja sama dalam mewujudkan tujuan perusahaan, mulai dari brand awareness hingga sales. Terdapat beragam aktivitas marketing communication, khususnya dalam bidang media sosial, yang penulis dalami dan implementasikan secara kreatif.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Marketing Communication, Social Media, Content Marketing, Media Placement, Social Media Reporting |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 16:07 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 16:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33626 |
Actions (login required)
View Item |