Peran Change Management Communication dalam Samudera Indonesia

Shannon Garot, Michelle (2024) Peran Change Management Communication dalam Samudera Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (739kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (263kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (576kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (545kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Organisasi harus melakukan perubahan agar mereka tetap relevan. Menerapkan perubahan besar secara rutin adalah hal yang wajar bagi organisasi zaman sekarang. Namun, mayoritas upaya transformasi perusahaan pasti akan gagal. Salah satu alasannya adalah buruknya komunikasi internal. Perubahan organisasi mengubah cara kerja karyawan sehari-hari yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Artinya, terdapat perubahan budaya perusahaan yang terjadi. Dalam hal ini, kesuksesan perusahaan bergantung pada komunikasi internal yang berperan dalam mendorong kerja tim yang lebih baik. Samudera Indonesia adalah perusahaan logistik dan pelayaran yang sedang menerapkan perubahan organisasi besar. Dalam kerja magangnya, Penulis menemukan bahwa aktivitas komunikasi internal Samudera Indonesia terkait perubahan organisasi berupa merencanakan strategi komunikasi, mengawasi linimasa kegiatan, merancang materi komunikasi internal, mengadakan sesi sosialisasi, serta berkoordinasi dengan pihak lain. Peran tersebut dipilih karena komunikasi perubahan dan budaya organisasi dibahas dalam beberapa mata kuliah yang telah dijalani Penulis. Beberapa kendala dalam magang yang ditemukan adalah perubahan linimasa yang mendesak, kurangnya pemeliharaan konsistensi pesan, dan kurangnya media komunikasi kepada karyawan. Seluruh tantangan tersebut berhasil diatasi dengan menyesuaikan linimasa dengan periode tetap, membuat materi komunikasi semirip mungkin dengan sebelumnya, dan menggunakan alternatif media komunikasi yang dimiliki perusahaan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: komunikasi internal, perubahan organisasi, perubahan budaya, Samudera Indonesia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 16:14
Last Modified: 08 Nov 2024 16:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33652

Actions (login required)

View Item View Item