Strategi Kampanye Instagram Filmore dalam Membentuk Perilaku Konsumen terhadap Kebersihan Kewanitaan

Sarah Amabelle, Aiko (2023) Strategi Kampanye Instagram Filmore dalam Membentuk Perilaku Konsumen terhadap Kebersihan Kewanitaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (415kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (702kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (494kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (377kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebersihan merupakan aspek krusial dalam kehidupan setiap makhluk hidup. Namun, di Indonesia, kesehatan dan kebersihan kewanitaan, menstruasi masih dianggap sebagai isu tabu dan sensitif. Fenomena ini menjadi landasan bagi merek seperti Filmore untuk menggunakan Instagram sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan kebersihan kewanitaan dalam kampanyenya. Melalui kampanye Instagram yang strategis, Filmore mengunggah berbagai konten edukasi untuk menyampaikan informasi tentang kesehatan wanita, perawatan menstruasi, dan produk menstrual cup kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pengelolaan Instagram dan strategi komunikasi Filmore dalam mengedukasi perempuan melalui kontennya. Teori dan konsep utama penelitian ini adalah enam langkah dalam perencanaan kampanye media sosial (Chaffey & Chadwick, 2019). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksplanatif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pihak merek. Hasil penelitian menunjukan bahwa Filmore mengelola akun Instagramnya berdasarkan content calendar dan content pillar yang sudah direncanakan satu bulan sebelumnya. Strategi komunikasi melibatkan caption pada konten Instagram, KOL, in-house content creator, dan penggunaan iklan media sosial. Konten edukasi yang konsisten diunggah oleh Filmore berhasil dan berdampak pada perubahan perilaku konsumen, mendorong perempuan untuk mencoba produk menstrual cup.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kesehatan Kewanitaan Perempuan, Fenomena Menstruasi, Filmore, Kampanye Media Sosial Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:01
Last Modified: 09 Nov 2024 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33710

Actions (login required)

View Item View Item