Pengaruh Product Innovation, Service Innovation, Process Innovation, dan Marketing Innovation terhadap Business Sustainability pada UMKM di Kota Tangerang Selatan

Miljanto, Jocelyn (2024) Pengaruh Product Innovation, Service Innovation, Process Innovation, dan Marketing Innovation terhadap Business Sustainability pada UMKM di Kota Tangerang Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (937kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (196kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (279kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (562kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan UMKM terbanyak di kawasan ASEAN yakni mencapai 65,46 juta unit usaha pada 2021. Kawasan Tangerang Selatan merupakan kawasan dengan tingkat pertumbuhan UMKM yang cukup baik, namun UMKM di Kota Tangerang Selatan memiliki beberapa masalah yang dapat menjadi hambatan dalam tercapainya business sustainability seperti minimnya digitalisasi, minimnya penggunaan teknologi, dan sulitnya mendapat tenaga kerja. Oleh karena itu, inovasi dalam UMKM Tangerang Selatan perlu dikembangkan guna memperbaiki kualitas terkait kegiatan operasionalnya. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian terkait 4 jenis aspek inovasi yang mungkin dapat meningkatkan keberlangungan suatu bisnis yakni Product Innovation, Service Innovation, Process Innovation, dan Marketing Innovation terhadap Business Sustainability dengan objek penelitian UMKM di Kota Tangerang Selatan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif menggunakan 175 sampel responden sesuai kriteria yang kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS versi 29. Dari hasil olah data yang dilakukan penulis, diperoleh hasil berupa Product Innovation berpengaruh signifikan secara positif terhadap Business Sustainability, Service Innovation berpengaruh signifikan secara positif terhadap Business Sustainability, Process Innovation berpengaruh signifikan secara positif terhadap Business Sustainability, dan Marketing Innovation berpengaruh signifikan secara positif terhadap Business Sustainability.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Product Innovation, Service Innovation, Process Innovation, Marketing Innovation, Business Sustainability
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:07
Last Modified: 09 Nov 2024 11:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33734

Actions (login required)

View Item View Item