Indrianti Lesmana, Audrey (2024) Program Televisi Funtional dengan Topik "Dampak Permainan Tradisional terhadap Tumbuh Kembang Mental dan Fisik Anak". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (719kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (214kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (676kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (364kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (125kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Televisi merupakan salah satu media yang hingga sekarang masih ramai ditonton oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena televisi menyampaikan pesan dengan menggunakan audio dan visual. Televisi juga berfungsi sebagai sumber informasi, untuk mendidik, dan bahkan menghibur penontonnya. Di Indonesia terdapat 85% generasi milenial dan 82% generasi Z yang masih menonton televisi konvensional pada 2022. Pada zaman sekarang televisi tidak hanya tersedia dalam versi analog atau konvensionalnya saja, tetapi sudah dikonvergensikan menjadi televisi digital yang membuat masyarakat lebih mudah mengaksesnya dan juga mengikuti perkembangan zaman. Agar penonton dapat mendapatkan pesan melalui televisi, maka program televisi perlu untuk dibentuk. Program televisi Funtional adalah program televisi feature yang juga memadukan variety show atau game show karena memiliki segmen games di dalamnya. Program Funtional membahas dampak positif yang diberikan oleh permainan tradisional Indonesia kepada anak-anak. Episode pertama yang dikerjakan oleh penulis akan membahas dari segi dampak permainan tradisional terhadap tumbuh kembang mental dan fisik anak. Permainan tradisional sendiri sudah dapat dianggap punah karena semakin jarang dimainkan karena hadirnya permainan modern. Dengan begitu, anak-anak lebih memilih bermain permainan modern yang dapat diakses melalui smartphone, tablet, PC, atau bahkan komputer. Padahal permainan tradisional juga merupakan bentuk budaya yang diturunkan ke antar generasi. Oleh karena itu, penulis membuat episode pertama program Funtional untuk mengedukasi dan sebagai bentuk melestarikan permainan tradisional Indonesia, serta untuk menghibur penonton. Episode pertama Funtional total berdurasi 60 menit yang dibagi menjadi 5 segmen akan dipublikasikan melalui YouTube, dengan segmentasi audiens anak dan keluarga.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | permainan tradisional, budaya, tumbuh kembang anak, kesehatan anak, program televisi Klaster Skripsi Berbasis Karya: Programming Based |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:07 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33737 |
Actions (login required)
View Item |