William, William (2024) Implementasi Model Segmentasi Pelanggan Berdasarkan Transaksi Pembelian Produk Perusahaan Fashion XYZ Menggunakan Algoritma Clustering K-Means dan DBSCAN. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (445kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (159kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (450kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (436kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (118kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
Abstract
Penggunaan platform online seperti marketplace semakin berkembang dan memiliki jumlah pengguna yang banyak di Indonesia. Industri fashion muncul sebagai salah satu bidang yang terus berkembang. Melihat keberagaman preferensi ini, diperlukan pendekatan yang optimal untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif. Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah dengan memahami lebih mendalam perilaku konsumen melalui segmentasi pelanggan. Dengan pemahaman yang lebih mendalam terkait perilaku konsumen, perusahaan XYZ yang bergerak dalam industri fashion dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran serta mampu merespons kebutuhan konsumen dengan lebih akurat agar meraih peningkatan penjualan yang signifikan. Pembentukan model segmentasi pelanggan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode clustering dengan memanfaatkan algoritma machine learning. Penerapan algoritma K-Means dan DBSCAN menjadi metode utama yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan acuan Framework Data Mining dalam melakukan proses pengolahan data. Hasil dari model segmentasi yang dibuat kemudian akan dilakukan metode evaluasi untuk mengukur seberapa baik hasil dari clustering yang dilakukan. Hasil model segmentasi pelanggan dengan menggunakan algoritma clustering K-Means dan DBSCAN dibandingkan untuk menentukan algoritma mana yang menghasilkan hasil klaster terbaik. Hasil klaster terbaik yang digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan didapat pada algoritma K-Means dengan matriks Silhouette Score sebesar 0.549 dan skor Davies-Bouldin Index sebesar 0.593 dengan jumlah klaster k optimal = 7.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Clustering, DBSCAN, Fashion, K-Means, Segmentasi pelanggan |
Subjects: | ?? T70 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:12 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33756 |
Actions (login required)
View Item |