Perancangan UI/UX Aplikasi untuk Membantu Penjualan Karya Seniman Independen Artist Alley

Etantyo, Audrey (2024) Perancangan UI/UX Aplikasi untuk Membantu Penjualan Karya Seniman Independen Artist Alley. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (245kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (236kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Sebuah anime convention merupakan ruang perkumpulan bagi penggemar topik anime, manga atau video games (Scrivani, 2021) yang sedang mengalami peningkatan peminat di Indonesia, terlihat dari observasi pada jumlah pengunjung Comic Frontier 16 sejumlah 25.000 dalam sehari (W, 2023), serta peningkatan selama 2016­2022 pada Impactnation (BARCODE ORGANIZER, 2023). Penyelenggara biasa mengadakan ruang artist alley di dalamnya dimana seniman independen individu atau berkelompok dapat menjual karya penggemar atau orisinil mereka (Hawkins, 2013). Dengan tren BOPIS sejak pandemi covid-19 (Ketzenberg & Akturk, 2021), bertambah kebutuhan media bagi penjualan seniman secara setengah-luring maupun onsite. Belum ada aplikasi yang khusus memfasilitasi seluruh proses BOPIS pada artist alley yang terbatas ke lokasi acara konvensi menyebabkan kurangnya pengalaman pengguna seniman penjual. Diketahui bahwa tidak mengelola informasi internal maupun eksternal mengakibatkan kalah saingan dengan usaha lain yang berkeputusan cepat dan akurat (Irianto, 2014), sehingga dibutuhkan aplikasi yang menjembatani sistem informasi dengan penjual, dan data eksternal pembeli agar mempengaruhi data internal, dan aplikasi dirancang dengan proses perancangan Giffrey (2020). Lalu, dihasilkan juga media sekunder untuk kebutuhan promosi berupa posting media sosial, web ads, poster serta stiker.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: interaktif, artist alley, penjualan karya
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:27
Last Modified: 09 Nov 2024 11:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33816

Actions (login required)

View Item View Item