Putri Widjaja, Michelle (2024) Strategi Penentuan Komunikator atau Host Brand Jacquelle pada Live Shopping TikTok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (435kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (228kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (400kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (182kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (231kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sebagai social commerce, TikTok Shop telah menempati posisi yang pertama dalam aktivitas live shopping. Dalam hal live shopping, diperlukan peran komunikator atau host yang mampu mempersuasi audiens agar membeli produk yang sedang dipromosikan. Terpilihnya host live shopping diperlukannya strategi dari brand, agar host yang terpilih sudah memenuhi standar karakteristik sebagai komunikator dalam hal komunikasi persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif Jacquelle yang merupakan brand kecantikan lokal dalam memilih host live shopping TikTok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode studi kasus. Dengan mewawancarai secara mendalam keempat narasumber. Penelitian ini berdasar pada konsep komunikasi persuasif Carl Hovland. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam proses pemilihan host live shopping, Jacquelle menggunakan strategi komunikasi persuasif dalam pemilihan bagian komunikator yang dipengaruhi oleh empat aspek yaitu terdapat kharisma yang dimana terdapat temuan tentang simpati dimana seorang komunikator harus mampu membangun hubungan positif, kredibilitas paling dominan yang di dalamnya ditemukan adanya aspek pengetahuan sehingga komunikator mampu dipercaya karena kemampuan yang dimiliki untuk menjawab serta menanggapi komunikan, otoritas atau wibawa yang terdapat aspek profesionalitas dengan menjaga kestabilan emosi serta menjaga etika selama penyampaian pesan, serta yang terkahir daya tarik sosial yang terdapat komponen penampilan karena mampu menjadi peran penting komunikan untuk tertarik terhadap pesan yang disampaikan komunikator.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Social Commerce, TikTok Shop, Host Live Shopping, Strategi Komunikasi Persuasif. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:32 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33834 |
Actions (login required)
View Item |