Motivasi Generasi Z di Tangerang dalam Menggunakan Media Sosial Instagram pada Pemenuhan Informasi Kuliner

Angela, Jesslyn (2024) Motivasi Generasi Z di Tangerang dalam Menggunakan Media Sosial Instagram pada Pemenuhan Informasi Kuliner. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (9MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (9MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Banyak pengusaha sektor kuliner yang melakukan kegiatan promosinya di media sosial Instagram. Hal tersebut didorong oleh penggunaan media sosial Instagram yang marak oleh Generasi Z dalam mengkonsumsi konten kuliner. Untuk memahami perilaku tersebut, maka motivasi generasi Z dalam menggunakan media sosial Instagram dalam pemenuhan informasi kuliner perlu untuk diketahui. Mengacu pada teori Uses and Gratifications, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi generasi Z dalam menggunakan media sosial Instagram pada pemenuhan informasi kuliner. Variabel Dimensi yang dipakai adalah Gratification Sought (X) dan Gratification Obtained (Y). Dimensi dalam varibel adalah kognitif, afektif, integrasi sosial, integrasi personal, dan pelepasan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode survey. Data diukur dengan mean rata - rata Gratification Sought dan Gratification Obtained, dikumpulkan melalui kuesioner kepada 239 responden yang merupakan generasi Z di Tangerang yang menggunakan media sosial Instagram, dengan non probability sampling. Data dianalisis dengan membandingkan mean skor GS dan GO serta melakukan uji t-test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemenuhan informasi kuliner oleh para generasi Z terpenuhi pada dimensi integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepasan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Sosial, Generasi Z, Uses and Gratification, Gratification Sought, Gratification Obtained
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:33
Last Modified: 09 Nov 2024 11:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33835

Actions (login required)

View Item View Item