Melissa Jo, Valencia (2024) Pengaruh Green Packaging Toko Kopi Tuku terhadap Purchase Decision melalui Electronic Word of Mouth. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (246kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (131kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (104kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (156kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (87kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Seiring perkembangan waktu, pertumbuhan industri kopi di Indonesia tentunya semakin meningkat yang ditunjukkan dengan banyaknya generasi muda Indonesia yang saat ini memiliki gaya hidup minum kopi yang cukup tinggi. Sejalan dengan perkembangan industri kopi yang semakin pesat, nyatanya mampu memberikan dampak terhadap lingkungan akibat sampah kemasan plastik yang dihasilkan dari kemasan kopi. Di tahun 2023 ini, Tuku memberikan sebuah inovasi baru yaitu dengan menghadirkan kemasan hijau atau daur ulang sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan. Namun kemasan hijau yang dihadirkan Toko Kopi Tuku inilah mampu menimbulkan electronic word of mouth di TikTok. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemasan hijau dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian melalui electronic word of mouth. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat eksplanatif, dengan pengumpulan data melalui metode survei dan kuesioner terhadap 229 responden. Hipotesis pada penelitian ini dilakukan melalui uji Process Macro by Hayes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa selain kemasan yang memegang peranan penting dalam suatu pembelian, kemasan hijau berbahan ramah lingkungan juga dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh yaitu green packaging berpengaruh terhadap purchase decision, green packaging berpengaruh terhadap electronic word of mouth, electronic word of mouth berpengaruh terhadap purchase decision, dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan sebagai variabel mediasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Toko Kopi Tuku, Green Packaging, Purchase Decision, Electronic Word of Mouth, Sosial Media. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:34 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33837 |
Actions (login required)
View Item |