Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Security, Perceived Trust, dan Social Influence terhadap Behavioural Intention Penggunaan E-Wallet LinkAja

Setya Darma, Vincent (2024) Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Security, Perceived Trust, dan Social Influence terhadap Behavioural Intention Penggunaan E-Wallet LinkAja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (389kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (361kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (331kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran internet membantu aktivitas sehari-hari manusia, terutama di bidang pembayaran. LinkAja merupakan salah satu perkembangan teknologi di bidang layanan pembayaran. Bila dibandingkan dengan aplikasi e-wallet lainnya, LinkAja memiliki rating paling rendah dan memiliki banyak komplain dari para penggunanya. Tetapi, LinkAja mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar 30% dan berhasil melakukan penekanan biaya operasional sebesar 50%. Tingkat penggunaan aplikasi e-wallet LinkAja dipertanyakan dikarenakan fenomena tersebut. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEU), perceived security (PS), perceived trust (PT), dan social influence (SI) terhadap behavioural intention (BI) penggunaan keberlanjutan aplikasi e-wallet LinkAja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan 158 data responden yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistic 27. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan hasil berupa variabel PEU, PS, PT, SI berpengaruh positif terhadap BI, sedangkan variabel PU tidak berpengaruh terhadap BI. Ditemukan juga hasil berupa variabel SI dan PT memiliki pengaruh yang besar terhadap BI. Disarankan kepada LinkAja untuk meningkatkan pengaruh sosial di masyarakat untuk meningkatkatkan penggunaan aplikasi e-wallet LinkAja dan meningkatkan kepercayaan para pengguna untuk mau menggunakan aplikasi e-wallet LinkAja.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: e-wallet, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, perceived trust, social influence, behavioural intention
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:44
Last Modified: 09 Nov 2024 11:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33880

Actions (login required)

View Item View Item