Setya Darma, Vincent (2024) Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Security, Perceived Trust, dan Social Influence terhadap Behavioural Intention Penggunaan E-Wallet LinkAja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (389kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (361kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (331kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (127kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kehadiran internet membantu aktivitas sehari-hari manusia, terutama di bidang pembayaran. LinkAja merupakan salah satu perkembangan teknologi di bidang layanan pembayaran. Bila dibandingkan dengan aplikasi e-wallet lainnya, LinkAja memiliki rating paling rendah dan memiliki banyak komplain dari para penggunanya. Tetapi, LinkAja mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar 30% dan berhasil melakukan penekanan biaya operasional sebesar 50%. Tingkat penggunaan aplikasi e-wallet LinkAja dipertanyakan dikarenakan fenomena tersebut. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEU), perceived security (PS), perceived trust (PT), dan social influence (SI) terhadap behavioural intention (BI) penggunaan keberlanjutan aplikasi e-wallet LinkAja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan 158 data responden yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistic 27. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan hasil berupa variabel PEU, PS, PT, SI berpengaruh positif terhadap BI, sedangkan variabel PU tidak berpengaruh terhadap BI. Ditemukan juga hasil berupa variabel SI dan PT memiliki pengaruh yang besar terhadap BI. Disarankan kepada LinkAja untuk meningkatkan pengaruh sosial di masyarakat untuk meningkatkatkan penggunaan aplikasi e-wallet LinkAja dan meningkatkan kepercayaan para pengguna untuk mau menggunakan aplikasi e-wallet LinkAja.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | e-wallet, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, perceived trust, social influence, behavioural intention |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:44 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33880 |
Actions (login required)
View Item |