Nathaniel, Raphael (2024) Perancangan Media Informasi Edukasi Digital tentang Parasosial untuk Remaja Usia 17-25 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (424kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (207kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (791kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (972kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (187kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Hubungan parasosial adalah hubungan satu arah yang terbentuk ketika satu pihak menginvestasikan energi, minat, dan waktu sedangkan pihak lain tidak menyadari keberadaan mereka. Data dari 15 Juni 2020 yang menyatakan bahwa 37,8% dari pengguna Twitch berusia 10-19 tahun dan pengguna terbanyak pada 40,6% di usia 20-29 tahun. Hubungan parasosial bisa berdampak negatif khususnya bagi mereka yang lebih memprioritaskan kehidupan fandom di atas hubungan dan kewajiban yang dimilikinya di kehidupan nyata. Seseorang yang jarang melakukan interaksi sosial akan memiliki kecenderungan untuk menggunakan media sosial, televisi atau berbagai media lainnya yang kemudian menimbulkan kecenderungan parasosial. Hubungan parasosial juga mampu menyebabkan gangguan pada mental remaja yang bisa menimbulkan perilaku obsesif, posesif, atau delusif. Adapula kurangnya media yang membahas hal terkait hubungan parasosial ini di Indonesia sehingga masih ada yang belum mengetahui mengenai apa itu hubungan parasosial. Metode penelitian yang penulis gunakan yakni metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, studi referensi, studi eksisting dan studi pustaka.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Parasosial, Dampak, Informasi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:45 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33883 |
Actions (login required)
View Item |