Strategi Adaptasi Budaya IISMA Awardee saat Menghadapi Culture Shock di Italia

Octaviana, Michelle (2024) Strategi Adaptasi Budaya IISMA Awardee saat Menghadapi Culture Shock di Italia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (269kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (132kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)

Abstract

Perbedaan budaya di Italia yang jauh berbeda dengan Indonesia membuat mahasiswa yang sedang menjalankan program Indonesia International Mobility Awards (IISMA) mengalami culture shock. Terlebih, keterbatasan mahasiswa Indonesia dalam berbahasa Italia juga menjadi tantangan terbesar ketika berkomunikasi dengan warga lokal. Maka dari itu, mahasiswa Indonesia yang sedang menjalankan program IISMA di Italia harus memiliki strategi untuk beradaptasi dalam lingkungan budaya baru di Italia sehingga dapat menghadapi culture shock yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi adaptasi budaya IISMA awardee yang berada di Italia dengan perbedaan budaya yang ada. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi antarbudaya, gegar budaya, dan juga strategi adaptasi budaya. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode penelitian studi kasus versi Robert K. Yin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada tiga informan dari IISMA awardee. Kesimpulan dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa keterbatasan bahasa, gaya bicara, perbedaan budaya, dan pola budaya yang berbeda antara Indonesia dan Italia menimbulkan adanya gegar budaya. Dalam mengatasi gegar budaya dan kembali beradaptasi di lingkungan asalnya, mahasiswa melakukan strategi adaptasi budaya yang tergambar dalam pola adaptasi kurva-W, yang terdiri dari Honeymoon Stage, Culture Shock, Adjusment, Return Home, Reverse Culture Shock, Re-adjustment.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Culture Shock, IISMA, Italia, Strategi Adaptasi Budaya
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 12:00
Last Modified: 09 Nov 2024 12:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item