Wusili, Vincent (2024) Evaluasi Audiens terhadap Nonendemic Sponsorships pada Event MPL Indonesia (Studi kasus Perusahaan: Indomaret). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (578kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (220kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (275kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (155kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (146kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, salah satu jenis olahraga yang semakin populer adalah olahraga elektronik atau biasa lebih dikenal dengan Esportss. Esportss adalah jenis olahraga yang bergantung pada perangkat elektronik, seperti komputer, ponsel, atau konsol game seperti PlayStation dan Xbox. Ini membedakannya dari olahraga biasa. Sejak awal tahun 2000-an, industri esportss telah berkembang pesat di seluruh dunia, menarik perhatian sejumlah negara. Hal ini membuat industri esports menjadi daya tarik tersendiri untuk merek ternama untuk turut terjun ke dalam esportss dalam bentuk sponsorships. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons audiens terhadap sponsorship yang dilakukan oleh Indomaret, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kesadaran merek, keterlibatan (engagement) audiens, dan citra merek. Penelitian ini juga akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas sponsorship Indomaret dalam konteks esportss. Tingginya angka antusiasme terhadap event MPL Indonesia menarik minat perusahaan-perusahaan non-endemik untuk berpartisipasi sebagai sponsor. Munculnya beberapa sponsorship non-endemik di event MPL Indonesia menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan. Sponsorships nonendemik yang dilakukan Indomaret kepada MPL Indonesia membawa dampak positif dalam faktor-faktor yang menjadi acuan. Sponsorship Indomaret di MPL Indonesia berhasil membangun narasi yang kuat dan konsisten tentang komitmen mereka terhadap komunitas esportss dan generasi muda. Langkah ini menunjukkan bahwa Indomaret berani menjelajahi pasar baru dan mendukung industri esportss yang sedang berkembang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Esports, nonendemik, sponsorship |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 12:06 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 12:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33975 |
Actions (login required)
View Item |