Evaluasi Audiens terhadap Nonendemic Sponsorships pada Event MPL Indonesia (Studi kasus Perusahaan: Indomaret)

Wusili, Vincent (2024) Evaluasi Audiens terhadap Nonendemic Sponsorships pada Event MPL Indonesia (Studi kasus Perusahaan: Indomaret). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (578kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (275kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, salah satu jenis olahraga yang semakin populer adalah olahraga elektronik atau biasa lebih dikenal dengan Esportss. Esportss adalah jenis olahraga yang bergantung pada perangkat elektronik, seperti komputer, ponsel, atau konsol game seperti PlayStation dan Xbox. Ini membedakannya dari olahraga biasa. Sejak awal tahun 2000-an, industri esportss telah berkembang pesat di seluruh dunia, menarik perhatian sejumlah negara. Hal ini membuat industri esports menjadi daya tarik tersendiri untuk merek ternama untuk turut terjun ke dalam esportss dalam bentuk sponsorships. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons audiens terhadap sponsorship yang dilakukan oleh Indomaret, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kesadaran merek, keterlibatan (engagement) audiens, dan citra merek. Penelitian ini juga akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas sponsorship Indomaret dalam konteks esportss. Tingginya angka antusiasme terhadap event MPL Indonesia menarik minat perusahaan-perusahaan non-endemik untuk berpartisipasi sebagai sponsor. Munculnya beberapa sponsorship non-endemik di event MPL Indonesia menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan. Sponsorships nonendemik yang dilakukan Indomaret kepada MPL Indonesia membawa dampak positif dalam faktor-faktor yang menjadi acuan. Sponsorship Indomaret di MPL Indonesia berhasil membangun narasi yang kuat dan konsisten tentang komitmen mereka terhadap komunitas esportss dan generasi muda. Langkah ini menunjukkan bahwa Indomaret berani menjelajahi pasar baru dan mendukung industri esportss yang sedang berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Esports, nonendemik, sponsorship
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 12:06
Last Modified: 09 Nov 2024 12:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33975

Actions (login required)

View Item View Item