Anggraini, Vanessya (2024) Analisis Pola Perilaku Impulsive Buying Konsumen pada Shopee Live Produk Skintific. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (795kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (722kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (591kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (557kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (581kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat pesat, dengan Shopee menjadi salah satu platform utama. Fitur Shopee Live memungkinkan penjual melakukan siaran langsung untuk mempromosikan produk. Skintific, merek perawatan kulit asal Kanada, berhasil memanfaatkan Shopee Live dan populer di Indonesia. Penelitian ini menganalisis perilaku konsumen terhadap produk Skintific di Shopee Live menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dianalisis menggunakan teknik Pattern Matching, Axial Coding, dan Selective Coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan dan komunikasi pemasaran memiliki peran signifikan dalam mempengaruhi perilaku konsumen, termasuk perilaku impulsive buying. Promosi seperti voucher cashback dan diskon khusus dapat memicu impulsive buying dengan memberikan insentif finansial yang menarik konsumen untuk membeli segera. Terdapat beberapa jenis impulsive buying: Planned Impulsive, Suggestion Effect, dan Reminder Effect. Shopee Live menggunakan komunikasi persuasif, testimoni, dan ulasan positif untuk mendorong impulsive buying, dengan host yang terampil menciptakan antusiasme melalui penjelasan produk dan penawaran diskon.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | E-Commerce, Impulsive buying, Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Shopee Live. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 12:08 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 12:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33984 |
Actions (login required)
View Item |