Analisis Pola Perilaku Impulsive Buying Konsumen pada Shopee Live Produk Skintific

Anggraini, Vanessya (2024) Analisis Pola Perilaku Impulsive Buying Konsumen pada Shopee Live Produk Skintific. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (795kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (722kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (591kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (557kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat pesat, dengan Shopee menjadi salah satu platform utama. Fitur Shopee Live memungkinkan penjual melakukan siaran langsung untuk mempromosikan produk. Skintific, merek perawatan kulit asal Kanada, berhasil memanfaatkan Shopee Live dan populer di Indonesia. Penelitian ini menganalisis perilaku konsumen terhadap produk Skintific di Shopee Live menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dianalisis menggunakan teknik Pattern Matching, Axial Coding, dan Selective Coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan dan komunikasi pemasaran memiliki peran signifikan dalam mempengaruhi perilaku konsumen, termasuk perilaku impulsive buying. Promosi seperti voucher cashback dan diskon khusus dapat memicu impulsive buying dengan memberikan insentif finansial yang menarik konsumen untuk membeli segera. Terdapat beberapa jenis impulsive buying: Planned Impulsive, Suggestion Effect, dan Reminder Effect. Shopee Live menggunakan komunikasi persuasif, testimoni, dan ulasan positif untuk mendorong impulsive buying, dengan host yang terampil menciptakan antusiasme melalui penjelasan produk dan penawaran diskon.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: E-Commerce, Impulsive buying, Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Shopee Live.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 12:08
Last Modified: 09 Nov 2024 12:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33984

Actions (login required)

View Item View Item