Penerimaan Pesan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara terhadap Tren Self-Diagnosis ADHD di Tiktok

Juan Sutrisno, Raymond (2024) Penerimaan Pesan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara terhadap Tren Self-Diagnosis ADHD di Tiktok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (536kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (817kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (563kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (235kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)

Abstract

Salah satu trend yang saat ini sedang sering diperbincangkan dan juga menjadi kontroversial adalah trend mengenai self diagnosed terhadap mental health. Mental health memiliki beberapa jenisnya yaitu depresi, bipolar, ADHD, skizofrenia, demensia, gangguan tumbuh kembang, dan lainnya. Salah satu kesehatan mental yang menjadi trend self-diagnosis adalah ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Trend self- diagnosis Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD ini mulai menjadi perbincangkan di media sosial khususnya di media sosial TikTok. Di sisi lain, output yang diberikan ternyata berbeda dari yang diharapkan yaitu penonton bisa melakukan self-diagnosed, seperti pada konten kreator penderita ADHD asal Indonesia yang bernama @Sakti_Mikaeel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerimaan pesan pada followers akun TikTok @Sakti_Mikaeel ketika melihat kontennya. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan metode analisis resepsi serta menggunakan paradigma constructivism Hasil penelitian ini menemukan followers @Sakti_Mikaeel yang memposisikan dirinya pada dominan, negosiasi, dan oposisi. Adanya perbedaan tersebut, peneliti melihat adanya korelasi dengan teori Elaboration Likelihood Model yang menjelaskan perbedaan tersebut. Maka, kesimpulannya posisi resepsi dari tiap informan menjelaskan bagaimana proses dan hasil penerimaan pesan mereka terhadap konten @Sakti_Mikaeel yang dapat membuat mereka melakukan self-diagnosis atau tidak melakukan self-diagnosis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: trend, self-diagnosed, ADHD, mental health, @Sakti_Mikaeel
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 12:15
Last Modified: 09 Nov 2024 12:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34012

Actions (login required)

View Item View Item