Juan Sutrisno, Raymond (2024) Penerimaan Pesan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara terhadap Tren Self-Diagnosis ADHD di Tiktok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (536kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (817kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (563kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (235kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (106kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
Abstract
Salah satu trend yang saat ini sedang sering diperbincangkan dan juga menjadi kontroversial adalah trend mengenai self diagnosed terhadap mental health. Mental health memiliki beberapa jenisnya yaitu depresi, bipolar, ADHD, skizofrenia, demensia, gangguan tumbuh kembang, dan lainnya. Salah satu kesehatan mental yang menjadi trend self-diagnosis adalah ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Trend self- diagnosis Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD ini mulai menjadi perbincangkan di media sosial khususnya di media sosial TikTok. Di sisi lain, output yang diberikan ternyata berbeda dari yang diharapkan yaitu penonton bisa melakukan self-diagnosed, seperti pada konten kreator penderita ADHD asal Indonesia yang bernama @Sakti_Mikaeel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerimaan pesan pada followers akun TikTok @Sakti_Mikaeel ketika melihat kontennya. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan metode analisis resepsi serta menggunakan paradigma constructivism Hasil penelitian ini menemukan followers @Sakti_Mikaeel yang memposisikan dirinya pada dominan, negosiasi, dan oposisi. Adanya perbedaan tersebut, peneliti melihat adanya korelasi dengan teori Elaboration Likelihood Model yang menjelaskan perbedaan tersebut. Maka, kesimpulannya posisi resepsi dari tiap informan menjelaskan bagaimana proses dan hasil penerimaan pesan mereka terhadap konten @Sakti_Mikaeel yang dapat membuat mereka melakukan self-diagnosis atau tidak melakukan self-diagnosis.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | trend, self-diagnosed, ADHD, mental health, @Sakti_Mikaeel |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 12:15 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 12:15 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34012 |
Actions (login required)
View Item |