Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Employee Engagement pada Karyawan Generasi Z

Blythe Haki, Ricaltha (2024) Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Employee Engagement pada Karyawan Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (461kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (311kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (159kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (332kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Iklim komunikasi organisasi memegang peran penting dalam meningkatkan employee engagement Generasi Z di perusahaan. Generasi Z merupakan kelompok yang lahir antara 1997-2012, ditandai dengan stabilitas sosioekonomi dan kemajuan teknologi informasi. Fenomena quiet quitting muncul sebagai reaksi terhadap ketidakpuasan pada iklim komunikasi organisasi yang tidak mendukung kebutuhan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan memahami pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap employee engagement pada karyawan Generasi Z di PT Victoria Care Indoensia Tbk dan seberapa besar pengaruhnya. Metode penelitian menggunakan kuantitatif eksplanatif dengan pengumpulan data melalui survei kepada 76 responden karyawan Generasi Z di PT Victoria Care Indonesia Tbk. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara iklim komunikasi organisasi dengan employee engagement sebesar 31,4%, sedangkan 68,6% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas. Faktor-faktor ini meliputi kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Iklim komunikasi organisasi yang positif dapat mengurangi quiet quitting pada Generasi Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Employee Engagement, Generasi Z, Iklim Komunikasi Organisasi, Quiet Quitting
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Nov 2024 11:10
Last Modified: 10 Nov 2024 11:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34091

Actions (login required)

View Item View Item