Stefan, Rafael (2024) Analisa Faktor yang Mempengaruhi Online Repurchase Intention pada Pengguna Tiket.com Gen Millennial dan Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (418kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (676kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (126kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan internet di Indonesia meningkat pesat pada masyarakat. Kemajuan teknologi informasi juga mempengaruhi bisnis perusahaan. Saat ini, banyak bisnis berusaha memberikan pelayanan terbaik secara cepat dan tepat dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi yang ada. Peluncuran aplikasi mobile merupakan salah satu bentuk layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Tercatat sektor e-commerce di Indonesia memiliki GMV terbesar pada tahun 2022. Sektor-sektor digital lainnya, seperti Travel Online termasuk dalam Ekonomi Digital yang diminati oleh masyarakat. Tren traveling di Indonesia meningkat di tahun 2023. Beberapa situs web e-commerce serta aplikasi yang menawarkan tiket pesawat, termasuk tiket.com dan traveloka adalah salah satu yang paling populer di Indonesia. Generasi Milenial dan Gen Z dikenal sebagai generasi yang gemar traveling, dan hal ini dibuktikan dengan tingginya pengeluaran mereka untuk berwisata. Hanya tersisa 2 OTA utama karena industri perjalanan diklasifikasikan sebagai berisiko tinggi karena berbagai faktor. Persaingan sengit antara Traveloka dan Tiket.com muncul karena kesamaan tujuan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan untuk kebutuhan wisata. Namun traffic dari Tiket.com jauh dibawah Traveloka. Selain itu perbedaan jumlah review, jumlah pengguna, dan banyaknya keluhan terhadap layanan yang diberikan. Hasil wawancara juga membuktikan konsumen beralih ke OTA lain. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan minat pembelian ulang oleh pengguna tiket.com. Penelitian ini menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi dengan menambahkan variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Cost, Customer Trust dan Customer Satisfaction pada pengguna tiket.com. Data penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuisioner. Data diolah dengan SPSS Statistic versi 26. Minimal sampel pada penelitian ini adalah 135 responden. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa Perceived Usefulness, Perceived Cost, Customer Trust dan Customer Satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap Online Repurchase Intention. Namun Perceived Ease of Use tidak memiliki pengaruh terhadap Online Repurchase Intention pengguna tiket.com.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Cost, Customer Trust, Customer Satisfaction, Online Repurchase Intention, Online Travel Agent |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Nov 2024 11:11 |
Last Modified: | 10 Nov 2024 11:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34095 |
Actions (login required)
View Item |