Salsabila, Ghina (2024) Bentuk Budaya Partisipasi Fandom dalam #BE_LOUD_FOR_JOSHUA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (619kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (497kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (465kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (540kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
#BE_LOUD_FOR_JOSHUA, merupakan sebuah bentuk partisipasi berupa ekspresi melalui hashtag yang dilakukan oleh sebuah komunitas penggemar atau yang lebih dikenal sebagai Fandom dari grup idola asal Korea Selatan, SEVENTEEN pada media sosial X. Bentuk partisipasi berupa ekspresi melalui hashtag ini dilakukan oleh fandom Carat guna mendukung sang idola dari berbagai ujaran kebencian serta segala upaya yang dilakukan dengan tujuan merusak citra baik sang idola. Kontribusi fandom Carat dalam mendukung SEVENTEEN inilah yang mendorong penelitian ini untuk menggali budaya partisipasi yang dipraktikkan oleh fandom Carat dalam bentuk partisipasi berupa ekspresi melalui hashtag, yang tercermin dalam penggunaan tagar #BE_LOUD_FOR_JOSHUA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif dan alasan dilakukannya bentuk partisipasi berupa ekspresi melalui hashtag ini dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus dan didukung oleh konsep Fandom, Budaya Partisipasi, dan konsep Hashtag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi berupa ekspresi melalui hashtag yang dilakukan oleh fandom Carat ini merupakan salah satu bentuk dari budaya partisipasi yang dilakukan oleh fandom dalam rangka mendukung sang idola dari berbagai ujaran kebencian. Adapun budaya partisipatif ini meliputi aspek afiliasi, ekspresi, kolaborasi, dan sirkulasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Budaya Partisipasi, Fandom, Hashtag |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:10 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34183 |
Actions (login required)
View Item |