Analisis Semiotika Umberto Eco terhadap Representasi Maskulinias Jefri Nichol dalam Iklan VIVO Indonesia #ForEveryFantasy

Laurensia Wijaya, Pinky (2024) Analisis Semiotika Umberto Eco terhadap Representasi Maskulinias Jefri Nichol dalam Iklan VIVO Indonesia #ForEveryFantasy. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (266kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (604kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

Seringkali media menampilkan pria maskulin denan penampilan fisik menarik. Iklan VIVO Vibe Little Bunny dalam kampanye VIVO Indonesia #ForEveryFantasy menampilkan Jefri Nichol sebagai brand ambassador untuk mengiklankan produk alat kontrasepsi dari VIVO Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi maskulinitas Jefri Nichol dalam iklan VIVO Vibe Little Bunny pada kampanye VIVO Indonesia #ForEveryFantasy di Instagram dengan analisis semiotika Umberto Eco. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, paradigma konstruktivisme. Teori atau konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep representasi Stuart Hall, maskulinitas John Beynon dan hasil kajian Rohlinger, gaya bahasa (metafora), periklanan, dan media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jefri Nichol dalam iklan ini termasuk pada kode maskulinitas "Give `em Hell" berdasarkan maskulinitas John Beynon dan termasuk pria erotis berdasarkan hasil kajian Rohlinger. Hal tersebut ditemukan dari eskpresi dan isi pada tingkat denotasi adalah mengajak audiens untuk bereksperimen bersama pasangan dengan VIVO Vibe Little Bunny. Namun, secara ekspresi (penanda) dan isi (petanda) pada tingkat konotasi berarti berhubungan seksual dengan banyak pasangan dapat menimbulkan realitas mulai dari problem seksual, masalah psikis, serta pandangan buruk dari konteks sosial, budaya, dan agama di Indonesia. Terdapat khalayak yang memberi komentar positif dan beberapa komentar negatif, terutama pada iklan VIVO Vibe Little Bunny, yang menganggap Jefri Nichol sebagai pria feminim bahkan mengarah kepada kalangan gay atau homoseksual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Representasi, Maskulinitas, Semiotika Umberto Eco, VIVO Indonesia #ForEveryFantasy, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:14
Last Modified: 11 Nov 2024 09:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34199

Actions (login required)

View Item View Item