Analisis Resepsi Perempuan Gen Z terhadap Isu People Pleaser pada Lagu "Mirrorball" Karya Taylor Swift

Angelica, Cecillia (2024) Analisis Resepsi Perempuan Gen Z terhadap Isu People Pleaser pada Lagu "Mirrorball" Karya Taylor Swift. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (597kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Musik pop tidak hanya merefleksikan emosi dari penulis musik tetapi juga memberikan pendengar kata-kata untuk mengekspresikan emosi diri mereka sendiri. Taylor Swift di tahun 2020 membuat lagu berjudul "Mirrorball" yang memiliki unsur people pleaser di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana resepsi para penggemar terkait unsur people pleaser pada lagu "Mirrorball". Teori yang digunakan adalah analisis resepsi dan konsep decoding-encoding oleh Stuart Hall, konsep people pleaser serta konsep budaya populer dan mass media sebagai faktor yang mempengaruhi resepsi setiap informan. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara dengan perempuan Gen Z dan analisis dokumenter audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taylor Swift membuat lagu "Mirrorball" berdasarkan pada pengalamannya sendiri dan perasaan yang dirasakannya saat itu. Dalam meresepsikan pesan pada lagu "Mirrorball", para informan juga sangat bergantung pada pengalaman yang mereka alami. Peneliti juga menemukan penemuan baru, bahwa pendengar lagu "Mirrorball" merasa perasaannya tervalidasi setelah mendengar lagu ini. Selain latar belakang, penerimaan resepsi khalayak didasarkan pada pengalaman setiap informan yang tentunya berbeda- beda. Dengan adanya budaya populer, lagu "Mirrorball" dapat dengan mudah diterima oleh khalayak luas. Mass media juga menunjukkan bahwa khalayak menggunakan mass media sesuai dengan kegunaannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Resepsi, People pleaser, Gen Z, Budaya Populer & Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:28
Last Modified: 13 Nov 2024 02:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34251

Actions (login required)

View Item View Item