Analisis Pengaruh Perceived Education Support, Perceived Relational Support, Perceived Structural Support terhadap Entrepreneurial Intention dengan Moderating Variable Self-Confidence pada Mahasiswa di Tangerang Selatan

Marcelrico, Marcelrico (2024) Analisis Pengaruh Perceived Education Support, Perceived Relational Support, Perceived Structural Support terhadap Entrepreneurial Intention dengan Moderating Variable Self-Confidence pada Mahasiswa di Tangerang Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (399kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (306kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (270kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (436kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived education support, perceived relational support, dan perceived structural support terhadap entrepreneurial intention pada mahasiswa di Tangerang Selatan dengan self- confidence sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian adalah 121 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Tangerang Selatan. Data dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived education support, perceived relational support, dan perceived structural support berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention. Selain itu, self-confidence terbukti memoderasi (memperkuat) pengaruh perceived education support dan perceived structural support terhadap entrepreneurial intention, namun tidak memoderasi pengaruh perceived relational support. Kesimpulannya, untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa diperlukan dukungan pendidikan, relasional, dan struktural yang memadai, serta upaya menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan teori kewirausahaan dan memberikan masukan bagi perguruan tinggi dan pemangku kepentingan dalam merancang program dan kebijakan yang efektif untuk mendorong kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: perceived education support, perceived relational support, perceived structural support,entrepreneurial intention, self-confidence.
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:36
Last Modified: 11 Nov 2024 09:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34289

Actions (login required)

View Item View Item