Perbandingan News Trust dari Pemberitaan oleh Artificial Intelligence (AI) pada Generasi Z di Jabodetabek

Elliani, Charina (2024) Perbandingan News Trust dari Pemberitaan oleh Artificial Intelligence (AI) pada Generasi Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (284kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (370kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (330kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Industri media terus mengalami transformasi seiring dengan perkembangan era digital yang semakin masif, termasuk di antaranya adalah perkembangan penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam proses produksi di ruang redaksi. Tak dapat disangkal, pengaplikasian teknologi AI yang semakin meluas di industri media menghadirkan peluang sekaligus ancaman bagi industri media dan profesi serta peran jurnalis secara keseluruhan. Tak hanya itu, kehadiran teknologi ini juga berpotensi menghadirkan perubahan pada pola kebiasaan audiens dalam mengonsumsi berita. Penelitian yang berbasis kuantitatif eksplanatif ini bertujuan untuk mengulik keberlanjutan, eksistensi, dan potensi-potensi yang dimiliki AI di industri media dengan mendalami dari sudut pandang audiens. Pada dasarnya, segala jenis produk tak akan bisa bertahan dalam sebuah industri tanpa adanya "persetujuan" dari audiens, selaku konsumen utama dari produk pemberitaan itu sendiri. Dalam menelusuri sudut pandang audiens, penelitian ini menggunakan persepsi berita dan tingkat kepercayaan sebagai alat ukur. Berdasarkan survei daring terhadap 400 responden dari kalangan umur Generasi-Z di Jabodetabek, hasil menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara persepsi dan tingkat kepercayaan audiens terhadap pemberitaan yang dihasilkan oleh AI dengan pemberitaan yang dihasilkan oleh jurnalis manusia. Menariknya, berita yang dihasilkan oleh AI cenderung mendapat penilaian yang lebih positif dibandingkan berita yang ditulis oleh jurnalis manusia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Artificial Intelligence, Generasi Z, jurnalisme AI, news perception, news trust 8 Perbandingan News Perception..., Charina Elliani, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:39
Last Modified: 11 Nov 2024 09:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34299

Actions (login required)

View Item View Item