Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Beralih Pengguna Gratis Menjadi Pengguna Premium pada Layanan Music Streaming Spotify

Alexander Nathanael, Matthew (2024) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Beralih Pengguna Gratis Menjadi Pengguna Premium pada Layanan Music Streaming Spotify. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (452kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (363kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (566kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Distribusi music sudah beralih menjadi digital, Spotify menjadi salah satu layanan streaming musik paling populer diantara layanan lain di industri. Kesuksesan Spotify dapat terjadi karena model bisnis yang digunakan yakni model bisnis freemium. Meskipun pangsa pasar Spotify merupakan yang terbesar diantara kompetitornya, Spotify memiliki masalah internal yakni kurangnya jumlah pengguna berbayar dibanding dengan jumlah pengguna gratisnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan jumlah pengguna berbayar Spotify dengan menganalisis faktor faktor yang diduga dapat mempengaruhi niatan pengguna gratis untuk mau menjadi pengguna berbayar. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian konklusif deskriptif, dengan metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini berhasil mengkonfirmasi beberapa dugaan terkait hubungan antara faktor faktor yang mempengaruhi niatan pengguna gratis untuk beralih menjadi pengguna premium. Faktor enjoyment dan price value ditemukan mempengaruhi intention to upgrade to premium secara langsung, sementara kedua faktor tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tingkat atribut yakni ubiquity, social connectivity, discovery of new content, dan intrusiveness of advertising. Penelitian ini berkontribusi dalam penambahan literasi ilmiah pada ranah penelitian post-adoption behavior layanan music streaming khususnya untuk perilaku pada pengguna di negara Timur seperti Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Freemium,, Music Streaming, Intention to upgrade to premium, Spotify.
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:40
Last Modified: 11 Nov 2024 09:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34305

Actions (login required)

View Item View Item