Analisa Sentimen Data Ulasan Pengunjung Objek Wisata Gunung Bromo pada Situs Tripadvisor Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Lukita, Alvin (2024) Analisa Sentimen Data Ulasan Pengunjung Objek Wisata Gunung Bromo pada Situs Tripadvisor Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (606kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (400kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (225kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (138kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Dalam era globalisasi yang terus berkembang, teknologi informasi menjadi pendorong utama transformasi dalam berbagai sektor kehidupan. Teknologi infromasi berperan penting dalam kemajuan sektor pariwisata dengan menawarkan kemudahan akses informasi. Objek wisata Gunung Bromo adalah salah satu destinasi populer di Indonesia yang menarik banyak pengunjung setiap tahunnya. Banyaknya komentar dari pengunjung Objek Wisata Gunung Bromo pada situs Trip Advisor menyebabkan tidak ada penyaringan informasi atau ulasan sehingga pihak pengelola taman nasional gunung bromo tidak mengetahui banyak terdapat ulasan positif atau negatif. Ulasan tersebut dapat dianalisa dengan menggunakan analisis sentimen. Pendekatan analisis sentimen terhadap sektor pariwisata dapat digunakan dalam evaluasi layanan destinasi wisata. Metode yang digunakan dalam penelitan adalah Metode Naive bayes. Penerapan metode klasifikasi Naive Bayes dalam pengklasifikasian sentimen positif, negatif. Pada data ulasan pengunjung objek wisata Gunung Bromo, menghasilkan nilai akurasi sebesar 0.85%. Nilai akurasi tersebut dapat digunakan untuk mengklasifikasikan data ulasan pengunjung Objek Wisata Gunung Bromo. Hasil ulasan masyarakat mengenai objek wisata Gunung Bromo adalah terdapat 1001 ulasan, sebanyak 847 ulasan diklasifikasikan sebagai sentimen positif, dan 154 ulasan diklasifikasikan sebagai sentiment negatif. Hal tersebut menunjukan bahwa ulasan objek wisata Gunung Bromo banyak terdapat ulasan yang bersifat positif. Hasil K-Fold Cross Validation menggunakan model Naive Bayes menghasilkan tingkat akurasi sebesar 0.84%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis sentimen, Gunung Bromo, Klasifikasi, Naive Bayes
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:40
Last Modified: 11 Nov 2024 09:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34306

Actions (login required)

View Item View Item