Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perceived Value dan Implikasinya terhadap Subscribe Intention Telaah pada Layanan Streaming VoD Viu

Widarta, Jonathan (2024) Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perceived Value dan Implikasinya terhadap Subscribe Intention Telaah pada Layanan Streaming VoD Viu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (659kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (396kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jumlah pengguna internet semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Kehadiran Internet juga mendorong keinginan untuk menghibur diri. Salah satu caranya adalah dengan menonton film. Salah satu platform VOD yang telah memperoleh popularitas signifikan adalah Viu. Viu adalah layanan streaming yang menawarkan berbagai konten terutama drama korea. Viu menawarkan 2 pilihan paket, free account dan Viu premium. Karena memiliki layanan berbentuk freemium, maka terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara pengguna gratis Viu dengan pengguna yang berlangganan Viu premium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perceived value dan implikasinya terhadap subscribe intention pada layanan streaming VOD Viu. Salah satu cara untuk meningkatkan subscribe intention adalah dengan meningkatkan perceived value. Perceive value merupakan variabel dependen yang dipengaruhi oleh perceive benefit (perceived usefulness & perceived enjoyment) dan perceived sacrifice (technicality & perceived fee). Penelitian ini menggunakan model Value- based Adoption Model (VAM). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan teknik Judgemental Sampling. Penelitian memiliki 5 hipotesis. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner yang mendapatkan 184 responden yang lolos kriteria. Data diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 29 untuk pretest dan SmartPLS 4 untuk maintest. Hasil yang didapat dari melakukan pengujian yakni, Perceived benefit memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Perceived Value, Perceived sacrifice tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Perceived value. Perceived value memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Subscribe intention. Penelitian yang dilakukan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Viu untuk membuat fitur-fitur baru dan menambahkan beberapa program agar bisa menambahkan perceived value terhadap Viu sehingga subscribe intention akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Layanan streaming Viu, Perceived Value, Perceived Benefit, Perceived Sacrifice, Subscribe Intention
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:43
Last Modified: 11 Nov 2024 09:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34316

Actions (login required)

View Item View Item