Analisis Visual Representasi Kelas Pekerja pada Kampanye Cerdikiawan Gojek Indonesia

Nathalia Sutanto, Caroline (2024) Analisis Visual Representasi Kelas Pekerja pada Kampanye Cerdikiawan Gojek Indonesia. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (255kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (848kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (220kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kampanye Cerdikiawan merupakan product-oriented campaign yang dipublikasikan Gojek sebagai bagian dari rebranding dan penggunaan filosofi baru #PastiAdaJalan di tahun 2019. Gojek sebagai on-demand mobile platform yang berjiwa sosial mendefinisikan Cerdikiawan sebagai mereka yang berkarya dengan kecerdikan dan menuntaskan segala perkara dengan akal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan untuk membuktikan representasi kelas pekerja dalam kampanye tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori kelas sosial oleh Karl Marx sebagai grand theory dan teori semiotika Charles Sanders Pierce untuk menganalisa visual dalam video ads Cerdikiawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video ads Cerdikiawan berhasil menyampaikan pesan kampanye tentang perjuangan kelas dalam konteks kehidupan sehari-hari. Gojek sebagai korporasi telah meromantisasi sulitnya kehidupan kelas pekerja yang merupakan target pasar sekaligus `mitra' mereka di Indonesia sebagai tontonan yang kreatif dan lucu. Namun kampanye Cerdikiawan tidak semerta-merta menjadikan kelas pekerja sebagai objek atau korban, melainkan sebagai subjek atau pelaku perjuangan kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Nathalia Sutanto, Caroline (00000045007)
Contributors:
  1. Tirtadarma, Edo
  2. Nugeraha, Mohammad Ady
Keywords: Kelas Pekerja, Cerdikiawan, Gojek Indonesia
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34334

Actions (login required)

View Item View Item