Fernando, Luis (2024) Analisis Data Pelanggan dari Penjualan Motor PT XYZ Menggunakan Algoritma K-Means. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (609kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (285kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (378kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (298kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (218kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) |
Abstract
PT XYZ merupakan suatu perusahaan manufaktur yang beroperasi di industri kendaraan sepeda motor dan perlengkapan kendaraan lainnya. Sebagai perusahaan manufaktur aktif yang memerlukan manajemen operasional yang efektif untuk memastikan bahwa seluruh tahapan dan prosedur dalam aktivitas operasional dilakukan dengan efisien dan sesuai standar. Industri sepeda motor sebagai salah satu dari sektor otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Perusahaan ini menawarkan berbagai tipe sepeda motor kepada konsumen, Teknologi unggul yang dimiliki telah teruji dalam berbagai situasi, baik di jalanan maupun dalam pengembangan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Bahwa diperlukan untuk menganalisakan dengan dataset perusahaan yang secara merinci data segmentasi pelanggan untuk memfasilitasi pembuatan laporan, dan menganalisis pelanggan dari penjualan motor. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Sistem informasi dirancang dengan menggunakan metode algoritma K-Means untuk mendukung pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni pengambilan sampel pelanggan dan studi pustaka. Dari data yang dikumpulkan maka ditentukan tujuan perusahaan dalam hal ini, perlu melakukan analisa data menggunakan algoritma K-Means dengan metode Elbow dan Silhouette. Hasil evaluasi dalam mengelola data pelanggan dari penjualan motor. Pertama berdasarkan tipe motor yang penjualan didominasi oleh tipe motor yakni BEAT SPORTY CBS, PCX 160 CBS, dan REVO FIT FI, Kedua berdasarkan kreditor yang didominasi oleh PT. Federal International Finance. Ketiga berdasarkan provinsi yang didominasi oleh Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Keempat berdasarkan usia yang didominasi oleh kelompok dewasa. Maka dari itu keempat pengelompokkan segmentasi data pelanggan yang merupakan penjualan tertinggi dalam kebutuhan dan preferensi pelanggan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | K-Means, Pelanggan, Penjualan, Sistem Informasi, Teknologi |
Subjects: | ?? T70 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:47 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34335 |
Actions (login required)
View Item |