Analisis Data Pelanggan dari Penjualan Motor PT XYZ Menggunakan Algoritma K-Means

Fernando, Luis (2024) Analisis Data Pelanggan dari Penjualan Motor PT XYZ Menggunakan Algoritma K-Means. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (609kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (285kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (378kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (298kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (218kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)

Abstract

PT XYZ merupakan suatu perusahaan manufaktur yang beroperasi di industri kendaraan sepeda motor dan perlengkapan kendaraan lainnya. Sebagai perusahaan manufaktur aktif yang memerlukan manajemen operasional yang efektif untuk memastikan bahwa seluruh tahapan dan prosedur dalam aktivitas operasional dilakukan dengan efisien dan sesuai standar. Industri sepeda motor sebagai salah satu dari sektor otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Perusahaan ini menawarkan berbagai tipe sepeda motor kepada konsumen, Teknologi unggul yang dimiliki telah teruji dalam berbagai situasi, baik di jalanan maupun dalam pengembangan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Bahwa diperlukan untuk menganalisakan dengan dataset perusahaan yang secara merinci data segmentasi pelanggan untuk memfasilitasi pembuatan laporan, dan menganalisis pelanggan dari penjualan motor. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Sistem informasi dirancang dengan menggunakan metode algoritma K-Means untuk mendukung pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni pengambilan sampel pelanggan dan studi pustaka. Dari data yang dikumpulkan maka ditentukan tujuan perusahaan dalam hal ini, perlu melakukan analisa data menggunakan algoritma K-Means dengan metode Elbow dan Silhouette. Hasil evaluasi dalam mengelola data pelanggan dari penjualan motor. Pertama berdasarkan tipe motor yang penjualan didominasi oleh tipe motor yakni BEAT SPORTY CBS, PCX 160 CBS, dan REVO FIT FI, Kedua berdasarkan kreditor yang didominasi oleh PT. Federal International Finance. Ketiga berdasarkan provinsi yang didominasi oleh Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Keempat berdasarkan usia yang didominasi oleh kelompok dewasa. Maka dari itu keempat pengelompokkan segmentasi data pelanggan yang merupakan penjualan tertinggi dalam kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: K-Means, Pelanggan, Penjualan, Sistem Informasi, Teknologi
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:47
Last Modified: 11 Nov 2024 09:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34335

Actions (login required)

View Item View Item