Pengaruh Mentoring terhadap Job Search Behavior melalui Variabel Mediasi dan Moderasi pada Generasi Z di Tangerang

Traciana, Fransisca (2024) Pengaruh Mentoring terhadap Job Search Behavior melalui Variabel Mediasi dan Moderasi pada Generasi Z di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (539kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (329kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (241kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (361kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Walaupun generasi z merupakan generasi dengan jumlah populasi terbanyak di Indonesia, populasi tersebut juga memiliki jumlah pengangguran terbuka paling banyak. Banten juga merupakan provinsi dengan jumlah pengangguran terbuka paling banyak. Penulis pun akhirnya melakukan survei kecil untuk mengetahui pendapat responden mengenai mentoring. Mayoritas responden berpendapat bahwa mentoring merupakan hal yang penting pada saat mencari pekerjaan dan diperlukan untuk diterapkan pada universitas namun mereka merasa penerapannya belum baik sehingga mereka merasa tetap memerlukan mentor untuk peningkatan keterampilan mereka karena kurangnya pembekalan dari institusi perguruan tinggi yang sesuai dengan industri kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pengambilan sampelnya dengan teknik simple random sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dari 3 (tiga) universitas di Tangerang yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Bunda Mulia (UBM), dan Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan jumlah sampel 250 responden. Data responden yang sudah diterima kemudian akan diolah dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mentoring mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap job search intention dan juga job search behavior. Variabel mediasi yaitu job search intention juga memediasi hubungan mentoring terhadap job search behavior. Selain itu, job search self- efficacy juga terbukti memoderasi secara positif pengaruh job search intention terhadap job search behavior. Maka, dapat disimpulkan bahwa diperlukan peran mentor di universitas untuk membantu para pencari kerja yang masih termasuk generasi z dalam proses pengalokasian sumber daya (job search intention) sehingga bisa berpartisipasi aktif dengan baik (job search behavior) dalam proses pencarian kerja. Namun dapat diperkuat juga jika para pencari kerja memiliki kepercayaan diri (job search self-efficacy) yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: mentoring, job search intention, job search behavior, generasi z, proses pencarian kerja
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:50
Last Modified: 11 Nov 2024 09:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34346

Actions (login required)

View Item View Item