Konsep Diri Perempuan Usia Remaja Akhir Korban Body Shaming melalui Media Sosial

Marry Angel, Jessyta (2024) Konsep Diri Perempuan Usia Remaja Akhir Korban Body Shaming melalui Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (278kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (359kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (449kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (167kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (43kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Body shaming adalah praktik memberikan komentar negatif tentang bentuk tubuh atau ukuran tubuh seseorang. Pada tahun 2018 sebanyak 966 kasus penghinaan fisik atau body shaming telah ditangani oleh polisi dari seluruh Indonesia, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep diri pada perempuan usia remaja akhir korban body shaming melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivisme sosial dengan metode studi kasus. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada tiga partisipan. Hasil dari penelitianini menunjukkan bahwa body shaming yang terjadi pada perempuan usia remaja akhir di media sosial berpengaruh terhadap konsep diri seseorang. Korban cenderung membandingkan diri mereka dengan orang lain, mereka merasa dirinya lebih buruk dari pada teman- teman sebayanya. Mereka juga melakukan proses-proses komunikasi intrapersonal dalam dirinya. Dimulai dari sensasi, persepsi, memori, dan pikiran. Selainitu ditemukan juga bahwa korban body shaming melakukan pembentukan citra baru terhadap diri mereka sesuai dengan penjelasan mengenai front stage pada teori impression management yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa fenomena body shaming yang terjadi pada perempuan usia remaja akhir di media sosial mempengaruhi konsep diri dan melibatkan proses-proses komunikasi intrapersonal di dalamnya. Partisipan juga melakukan impression management agar dapat menghasilkankesan baru untuk diri mereka. Impression management dilakukan dengan cara mengubahpenampilan atau appearance dan mengubah tingkah laku atau manner di media sosial dengan harapan mendapatkan respon yang lebih baik dari orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: konsep diri, body shaming, management impression
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:05
Last Modified: 11 Nov 2024 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34464

Actions (login required)

View Item View Item