Perancangan Game Visual Novel Mengenai Pelecehan Seksual pada Remaja Laki-Laki Usia 14-17 tahun

Michelle Tanakoman, Valencia (2024) Perancangan Game Visual Novel Mengenai Pelecehan Seksual pada Remaja Laki-Laki Usia 14-17 tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (432kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (964kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (396kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena pelecehan seksual pada laki-laki merupakan salah satu hal yang masih jarang dianggap oleh masyarakat Indonesia. Perancangan media informasi interaktif mengenai pelecehan seksual laki-laki ini memiliki tujuan untuk menyadarkan masyarakat akan permasalahan yang dilalui laki-laki terutama di kalangan remaja berusia 14 ­ 17 tahun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membantu remaja memahami dampak akan pelecehan pada kesehatan mental remaja laki-laki. Media informasi ini memiliki target daerah Jabodetabek disesuaikan dengan tingginya fenomena pelecehan seksual yang terjadi di Indonesia. Pertumbuhan kasus pelecehan seksual setiap tahunnya pada anak remaja sedikit demi sedikit akan terus terbuka dan masyarakat harus mulai memahami dampak dan juga cara untuk membantu korban dengan baik. Dengan ini, dibutuhkan sebuah media informasi yang interaktif untuk menarik perhatian dan pemahaman masyarakat akan fenomena ini. Perancangan ini dibentuk dengan metode user centered design untuk membuat media yang dapat membantu permasalahan yang berfokuskan kepada user. Dalam data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa remaja masih kurang dalam awareness dan pemahaman akan cara menghadapi pelecehan pada remaja laki-laki. Berdasarkan output dari perancangan, diperoleh media yang mampu untuk meningkatkan awareness akan pelecehan seksual remaja pada laki-laki.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: remaja laki-laki, kesehatan mental, game
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:09
Last Modified: 11 Nov 2024 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34479

Actions (login required)

View Item View Item