Perancangan Board Game mengenai Hewan Legendaris Indonesia untuk Usia 15-24 Tahun

Christina, Tabitha (2024) Perancangan Board Game mengenai Hewan Legendaris Indonesia untuk Usia 15-24 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (749kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Legenda adalah bagian dari warisan budaya Indonesia yang membantu manusia memahami lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah melalui hewan legendaris yang memiliki daya tarik universal, konsep fantasi, dan nilai simbolis. Sayangnya, banyak makhluk legendaris Indonesia yang masih kurang dikenal dan dipublikasikan, sedangkan legenda dari luar negeri lebih populer di kalangan generasi muda. Jika ini terus terjadi, identitas budaya akan memudar dan kisah legenda punah. Padahal, generasi muda berperan penting dalam melestarikan dan meneruskan warisan ini untuk menjaga nilai-nilai budaya yang berkelanjutan. Seiring perkembangan zaman, diperlukan media yang relevan untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Maka, dibutuhkan perancangan board game mengenai hewan legendaris Indonesia untuk usia 15-24 tahun. Board game telah terbukti dapat meningkatkan kesadaran budaya dengan cara yang menyenangkan melalui interaksi antar pemain. Desain visual juga penting untuk menarik perhatian dan dapat dieksplorasi untuk menyampaikan kisah budaya Indonesia. Metodologi perancangan menggunakan teori Slack (2017) dari buku "The Board Game Designer's Guide". Untuk mengumpulkan data, metode mixed methods digunakan. Metode kualitatif dilakukan melalui wawancara, studi observasi, dan studi referensi, sedangkan metode kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Permainan Papan, Legenda Indonesia, Generasi Muda
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:13
Last Modified: 11 Nov 2024 11:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34498

Actions (login required)

View Item View Item