Perancangan Buku Ilustrasi untuk Membangun Sikap Asertif pada Anak Usia 4-6 Tahun

Rosalie, Angelica (2024) Perancangan Buku Ilustrasi untuk Membangun Sikap Asertif pada Anak Usia 4-6 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (238kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (972kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (218kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sikap asertif yang merupakan kemampuan seorang individu untuk mengkomunikasikan isi pikiran, perasaan, kebutuhan, dan haknya secara terbuka dan jujur tanpa merugikan siapa pun. Sehingga menjadi landasan penting dalam membangun hubungan sosial yang sehat dan mengatasi konflik yang dihadapinya. Perilaku asertif berada di tengah-tengah antara perilaku pasif dan agresif, dimana keduanya dapat merugikan diri sendiri mau pun orang lain. Maka itu, jika tidak diajarkan pada anak akan menimbulkan di antara kedua perilaku tersebut. Orang tua berperan sangat penting dalam membangun sikap asertif pada anak, terutama di usia dini yaitu 0-6 tahun atau yang biasa disebut sebagai masa Golden Age karena pertumbuhan anak pada masa ini akan berkembang pesat dalam membentuk karakter dan kepribadiannya. Untuk membantu mengembangkan sikap asertif pada anak, disarankan untuk tidak hanya memberikan dukungan melalui verbal saja tetapi juga secara visual, seperti melalui perancangan media informasi yang ditujukan pada anak usia 4-6 tahun. Melalui perancangan ini, orang tua dapat dimudahkan dalam mengembangkan karakter anak khususnya dalam bersikap asertif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Anak Usia Dini, Buku Ilustrasi, Sikap Asertif
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:16
Last Modified: 11 Nov 2024 11:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34512

Actions (login required)

View Item View Item