Peran Kredibilitas Pesan E-Wom dalam Menumbuhkan Minat Baca (Studi Kasus Novel Laut Bercerita di Tiktok)

Yuventia, Ollyvia (2024) Peran Kredibilitas Pesan E-Wom dalam Menumbuhkan Minat Baca (Studi Kasus Novel Laut Bercerita di Tiktok). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (975kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (741kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (210kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (111kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari minat baca seseorang yang semakin rendah terhadap buku bacaan dan media sosial menjadi sarana munculnya penerapan E-WOM menjadi media penyebaran pesan yang kredibel. Pemanfaatan konten dan komentar di TikTok yang berisikan ulasan mampu menarik minat seseorang dalam berbagai bidang, salah satunya menumbuhkan minat baca novel. Judul novel yang dipilih dalam penelitian ini adalah novel Laut Bercerita karya Leila Salikha Chudori pernah memenangkan penghargaan Book of The Year dari IKAPI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kredibilits pesan E-WOM dari novel Laut Bercerita di TikTok dapat menumbuhkan minat baca seseorang. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus melalui wawancara pada tiga narasumber yang telah ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tumbuhnya minat baca seseorang dapat berasal dari pesan-pesan E-WOM berupa konten dan komentar novel Laut Bercerita yang ada di TikTok. Adanya komentar mengenai kekurangan terkait novel Laut Bercerita menjadi tentangan bagi informan untuk merasakan langsung sensasi yang dirasakan seperti pendapat orang-orang yang sudah membacanya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: TikTok, E-WOM, minat membaca, novel Laut Bercerita
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:05
Last Modified: 12 Nov 2024 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34574

Actions (login required)

View Item View Item