Perancangan Kampanye Sosial untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Menghadapi Stereotyping Gaya Berpakaian

Karina, Aurora (2024) Perancangan Kampanye Sosial untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Menghadapi Stereotyping Gaya Berpakaian. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (367kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (485kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (455kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (150kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Terjadi fenomena stereotype gaya berpakaian seperti The Nurul's, Jamet, The Kevins, dsj dari media sosial yang memberikan kesan negatif dengan menghakimi perilaku orang lain dari gaya berpakaiannya. Hal ini menyebabkan sebagian orang merasa resah dan tidak percaya diri dalam berpakaian di ruang publik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, dan FGD. Sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan pembagian kuesioner. Dilakukan juga studi existing dan referensi perancangan kampanye mengenai stereotyping. Perancangan kampanye sosial dibutuhkan karena belum ada kampanye yang mengangkat fenomena tersebut. Dalam perancangan, strategi penyampaian pesan menggunakan AISAS dari buku The Dentsu Way dan perancangan kampanye menggunakan Six Phases of The Project Process yang dikemukakan oleh Robin Landa dalam buku Advertising by Design, yaitu Overview, Strategy, Ideas, Design, Production, dan Implementation. Harapannya, kampanye ini dapat memberikan dampak baik dan menciptakan lingkungan media sosial yang suportif bagi individu dalam mengekspresikan diri melalui berpakaian tanpa ada perasaan takut dan tidak percaya diri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Stereotipe, gaya berpakaian, percaya diri
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:14
Last Modified: 12 Nov 2024 11:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item View Item