Imanuel Soeng, Steven (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gen Z terhadap Penggunaan Aplikasi Blu by BCA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (410kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (312kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (221kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (505kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (38kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di era digital saat ini terjadi sangat cepat dan banyak perubahan yang dapat dirasakan. Industri keuangan menjadi salah satu target dari perubahan teknologi. Perkembangan teknologi ini dikenal sebagai financial technology yang merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi. Financial technology yang sedang berkembang saat ini adalah bank digital. Bank digital merupakan bank yang melakukan segala jenis aktivitas bisnisnya secara digital dari awal hingga akhir. Bank digital diperkirakan akan mengalami pertumbuhan pada tahun 2026. Selain itu, bank digital masih memiliki peluang untuk menggarap sebanyak 28,49 juta jiwa untuk menggunakan layanan mereka. Salah satu layanan bank digital yang belum lama muncul yaitu Blu by BCA. Blu by BCA memiliki beberapa kompetitor yang belum bisa disaingi dari sisi jumlah pengguna. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat menggunakan aplikasi Blu by BCA. Terdapat enam hipotesis yang akan diuji dalam penelitian yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk, trust, convenience, dan demographic factor. Data akan akan dianalisis menggunakan Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa perceived usefulness, trust dan convenience memiliki pengaruh positif terhadap intention to use, sedangkan perceived risk memiliki pengaruh negatif terhadap intention to use. Kemudian penelitian ini menunjukan bahwa perceived ease of use dan demographic factor yang meliputi gender dan monthly income tidak berpengaruh terhadap intention to use.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Bank Digital, Blu by BCA, Intention to Use |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:20 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34638 |
Actions (login required)
View Item |