Pengaruh Perceived Risk, Trust, Perceived Usefulness, dan Ease of Use terhadap E-payment Adoption Aplikasi DANA

Dionisia, Elaine (2023) Pengaruh Perceived Risk, Trust, Perceived Usefulness, dan Ease of Use terhadap E-payment Adoption Aplikasi DANA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (370kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (854kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (319kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (633kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dompet digital yang sedang marak salah satunya adalah DANA. Selain DANA, terdapat juga beberapa dompet digital lainnya seperti Gopay, OVO, LinkAja, dan Shopeepay. DANA menjadi dompet digital ke-3 yang paling banyak digunakan dan mendapatkan persepsi rendah pada promosi yang ada. Hal ini dikarenakan permasalahan yang selalu menjadi keluhan oleh pengguna DANA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived risk, trust, perceived usefulness, dan ease of use terhadap e-payment adoption aplikasi DANA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik sampling Non-Probability dengan menggunakan data yang terkumpul sebanyak 106 responden Generasi Z yang berusia 17-26 tahun yang selanjutnya diolah dengan SmartPLS versi 3.2.9. Hasil dari penelitian ini adalah perceived risk berpengaruh negatif terhadap trust, perceived risk berpengaruh negatif terhadap ease of use, trust berpengaruh positif terhadap ease of use, perceived risk berpengaruh negatif terhadap perceived usefulness, trust berpengaruh positif terhadap perceived usefulness, ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness, perceived usefulness berpengaruh positif terhadap e-payment adoption, ease of use berpengaruh positif terhadap e-payment adoption, perceived risk berpengaruh negatif terhadap e-payment adoption, dan trust berpengaruh positif terhadap e- payment adoption. DANA dapat meningkatkan meningkatkan responsivitas terhadap penilaian maupun keluhan yang dihadapi sehingga dapat meningkatkan e-payment adoption aplikasi DANA.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: E-payment, DANA, Gen Z, Perceived Risk
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:32
Last Modified: 12 Nov 2024 11:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34680

Actions (login required)

View Item View Item