Wendyanto, Wendyanto (2024) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman JavaScript dengan Metode Gamifikasi Berbasis Website. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (839kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (213kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (433kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (207kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
Abstract
Kemampuan teknologi sangat penting di era digital sekarang dan sangat dibutuhkan di berbagai sektor bisnis. Kemampuan pemrograman dianggap sebagai salah satu yang paling penting. Salah satuu bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan adalah JavaScript. Popularitasnya meningkat karena kemampuannya untuk membuat web interaktif serta aplikasi mobile dan web (cross-platform). Namun, mempelajari JavaScript bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Metode pembelajaran tradisional seperti membaca buku dan mengikuti kelas akan terasa membosankan dan kurang efektif. Akibatnya, dibutuhkan metode pembelajaran yang lebih menarik untuk membuat pembelajaran JavaScript lebih mudah. Gamifikasi adalah salah satu cara. Penelitian ini dirancang dan dibangun menggunaan metode gamifikasi dengan memanfaatkan library ReactJS untuk membangun aplikasi website yang responsif dan modern. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran JavaScript berbasis website yang menggunakan metode gamifikasi. Aplikasi ini akan terdiri dari beberapa fitur, seperti dasbor, modul pembelajaran, tantangan, sistem poin, level, rank, dan achievements. Aplikasi dievaluasi dengan menggunakan Technology Acceptance Model dan survei yang dilakukan kepada 35 orang yang akhirnya didapatkan nilai Perceived Usefulness sebesar 89.71% dan Perceived Ease of Use sebesar 89.71% dengan hasil akhir rata-rata semua kategori adalah 89.85%. Berdasarkan hasil tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa responden sangat setuju bahwa aplikasi pembelajaran JavaScript dengan gamifikasi ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar dan mudah untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran JavaScript, gamifikasi, website, Technology Acceptance Model, aplikasi web |
Subjects: | ?? T58.5-58.64 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:34 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34687 |
Actions (login required)
View Item |